Minggu, 07 April 2019

458 . S A B A R .


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim .

Wahai saudaraku marilah kita simak firman Allah swt yaitu 

“ Yaa ayyuhal ladziina aamanus ta’iinuu bishobri wash sholaah  ,  Innallooha ma’ ash shoobiriin “   
Yang artinya adalah 
“ Wahai orang – orang yang beriman mintalah tolong kepada Allah dengan sabar dan solat , sesungguhnya Allah beserta orang – orang yang sabar “ .

Ayat di atas Allah swt bukan berseru kepada manusia [ Islam  dan non Islam ] , tapi hanya berseru kepada mereka yang beriman, artinya yang sudah yakin percaya kepada Allah.

Agar dalam menghadapi segala permasalahan maka jangan lupa tetap meminta pertolongan hanya kepada Allah, bukan kepada Direktur, Mandor,  Pemimpin atau Majikan.

Bila kita meminta kepada selain Allah swt , maka kita telah berbuat syirik . Bila berbuat syirik, maka putuslah sudah hubungan dengan Allah swt.

Kemudian di ayat terakhir “ Sesungguhnya Allah beserta orang – orang yang sabar “ . Pertanyaannya adalah mengapa solatnya tidak dibawa serta .

Wahai saudaraku semua  hampir semua orang Ilsm bisa melaksanakan solat, tapi untuk melaksanakan sabar itu jumlahnya hanya sedikit . Benar atau salah ?

Menurut Sayyidina Ali bin Abi Thalib ra ada lima hal yang harus disikapi dengan sabar yaitu :

Pertama     :
اِصْبِرْعَلَىعَمَلٍلَابُدَّلَكَمِنْثَوَابِهِوَعَنْعَمَلٍلَاصَبْرَلَكَعَلَىعِقَابِهِ
Bersabarlah atas amal yang engkau akan mendapatkan pahalanya. Dan (bersabarlah) atas perbuatan yang kau tidak mampu menanggung akibatnya. 

Maksudnya adalah saat kita beramal, maka harus dibarengi dengan sikap sabar, artinya saat kita malas maka harus digiatkan dan saat kita giat harus bisa mengendalikan hawa nafsu agar pahalanya itu sempurna . 

Itu adalah hal yang baik. Sedangkan dalam hal burukpun kita tetap harus bersabar, tapi bukan berarti tidak bergerak. 

Artinya kita tetap berusaha tapi dibarengi dengan berdoa kepada Allah . Setelah itu barulah berserah diri kepada Allah . 

Itulah yang dimaksud bertawakal kepada Allah. Jadi bertawakallah kepada Allah saat kita ditimpa musibah, mala petaka, kesengsaraan dan penderitaan .

Kedua     :
اَلصَّبْرُاَحْسَنُحُلَلِالْاِيْمَانِوَاَشْرَفُخَلَائِقِالْاِنْسَانِ
Sabar adalah sebaik-baik hiasan keimanan dan semulia-mulianya perangai manusia.  Allah beserta orang – orang yang sabar . 

Artinya orang – orang yang sabar itu kedudukannya tinggi di sisi Allah swt dan menjadi orang yang mulia disisiNya.  

Orang penyabar itu sudah pasti berperangai tenang , tidak ada keluhan apalagi marah. Dan semua itu merupakan cerminan dari hatinya yang sudah terisi dengan cahaya keimanan Allah [ Nuur Allah  } .

Ketiga     :
اَلصَّبْرُخَيْرُجُنُوْدِالْمُؤْمِنِ
Kesabaran adalah sebaik-baik prajurit bagi orang mukmin.   

Maksudnya segala permasalahan hidup itu hanya bisa diselesaikan dengan baik dan benar bila dibarengi d engan sikap sabar . Dan ini hanya bisa dilakukan oleh orang – orang mukmin .

Keempat    :
مَنْصَبَرَهَانَتْمُصِيْبَتُهُ
Siapa yang bersabar maka akan ringan musibahnya.  

Mengapa orang penyabar itu ringan musibahnya ? Karena segala sesuatu itu senantiasa dipikirkan dengan baik, cermat teliti , tarmasuk cara mengerjakannyapun dibarengi dengan kesabaran , sehingga hasilnya itu memuaskan. 

Berbeda dengan mereka yang tidak sabaran artinya tidak cermat dan teliti, maka pasti banyak gagalnya. Dan andaikan berhasulpun hasilnya adalah kurang sempurna.

Kelima     :
مَنْلَمْيُنْجِهِالصَّبْرُاَهْلَكَهُالْجَزَعُ
Barangsiapa yang tidak terselamatkan oleh kesabaran maka ia akan dihancurkan oleh keluh-kesah . 

Maksudnya orang yang  sering berkeluh kesah maka masih belum memiliki kepercayaan diri dan juga masih belum percaya kepada Allah swt . 

Bila yang sudah bulat percaya kepada Allah swt , maka hidupnya akan tenang , tentram dan damai, karena merasa bahwa dirinya sudah berada dalam jaminan Allah swt .

Wallaahu'alam.
Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...