Minggu, 07 April 2019

459 . KEBENARAN [ AL – HAQ ]

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim .

Wahai saudaraku dalam hidup kita selalu dipermasalahkan dengan benar dan salah . 

Sayangnya masih banyak manusia yang memanfaatkan atau menyalah gunakan benar atau kebenaran hanya untuk mencari kelebihan hasil dalam hal duniawi.
 
Disamping itu benarnya itu menurut siapa,  apakah benar menurut sendiri, benar menurut orang banyak [ umum ] ataukah benar menurut Allah [ syari’at agama ] .

Yang pasti benar yang tepat adalah benar menurut syari’at agama. Karena agama itu adalah merupakan aturan atau ketetapan Allah swt .

Menurut Sayyidina Ali bin Abi Thalib ra ada lima hal yang bisa dikategorikan benar atau kebenaran yaitu 

Pertama     :
فِيْلُزُوْمِالْحَقِّتَكُوُنُالسَّعَادَةُ
“Dengan berpegang teguh dengan kebenaran disitulah letak kebahagiaan.”   Maksudnya kita semua berpegang kepada aturan Allah dan RasulNya, maka hidup kita akan selamat dan berbahagia .

Kedua     :
قَلِيْلُالْحَقِّيَدْفَعُكَثِيْرَالْبَاطِلِكَمَااَّنَّالقَلِيْلَمِنَالنَّارِيُحْرِقُكَثِيْرَالْحَطَبِ
“Sedikitnya kebenaran akan menahan banyak kebatilan sebagaimana sedikitnya api mampu membakar banyak kayu.”   Maksudnya  bila kita semua menjalani kehidupan di atas jalan yang benar maka setidaknya mengurangi tingkat kejahatan .  Dan hiduppun akan merasa aman pergi kemanapun , tidak takut akan terjadinya kejahatan.

Ketiga     :
مَنْعَانَدَالْحَقَّكَانَاللهُخَصْمَهُ      
“Siapa yang menentang kebenaran maka Allah swt adalah musuhnya.”   Maksudnya adalah siapapun yang berada di jalan yang benar, maka artinya berada di jalan Allah dan Allah pasti akan mellindunginya dan menyelamatkannya. Sebaliknya bila  mereka yang berada di jalan yang tidak benar maka siap bermusuhan dengan Allah swt .

Keempat     :
اَلْمَغْلُوْبُبِالْحَقِّغَالِبٌ
“Yang kalah dalam kebenaran itu menang.”   Di dunia kebenaran itu bisa kalah karena urusan duniawi, tapi di akhirat tetaplah kebenaran yang akan menang di mata Allah swt .

Kelima     :
مَااَكْثَرَمَنْيَعْتَرِفُبِالْحَقِّوَلَايُطِيْعُهُ
“Betapa banyak orang yang mengenal kebenaran namun tidak mentaatinya.”  Maksudnya jangan menjadi orang fasik yaitu sudah tahu bahwa apa yang dihadapannya yang dilihat dan didengarnya itu benar secara syari’at agama, tapi tidak mau menjalankannya  .

Wallaahua'lam.
Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...