Jumat, 03 November 2017

KUALITAS KEIMANAN

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.




Wahai sadaraku kuat dan lemahnya keimanan seseorang dapat dilihat dari lisan , sikap dan prilaku akhlaknya .

Iman yang kuat akan mewujudkan akhlak yang baik dan mulai . Sedangkan iman yang lemah mwujudkan akhlak yang buruk dan jahat  .

Sikap dan prilakunya mudah terkilir kepada perbuatan keji yang akan merugikan dirinya sendiri dan juga orang lain .

“  Ittaqullaaha wa kuu nuu ma’ash shaadiqiin  “   Yang artinya  “  Hai orang yang beriman , bertakwalah kepada Allah dan hendaklah kamu bersama orang – orang yang benar “  
QS At Taubah [ 9 ] :  119

Mengapa Rasulullah saw menilai orang yang lemah imannya alah buruk  perbuatannya  ?  Karena mereka melakukan perbuatan bburuk , keji dan hina tidak punya rasa malu untuk melakukannya .

Rasulullah saw bersabda, “  Rasa malu dan iman itu sebenarnya terpadu menjadi satu maka bilamana lenyap salah satunya hilang pulalah yang lainnya .  Al hayaaaa u syu’batun minal iimaani “  Yang artinya  “ Malu adalah sebagian daripada iman  “  Muttafaqun ‘alaihi .

Jadi rasa malu itu kaitannya erat sekali dengan iman  . Karena setiap orang yang beriman pasti memiliki rasa malu .

Setiap orang yang tidak beriman maka tidak punya rasa malu untuk melakukan keburukan, walaupu lisan berkata mengaku beriman .

Timbulnya rasa malu itu biasanya karena kehidupannya merasatertinggal dengan teman – temannya yang lain .

Timbulnya rasa malu juga bisa karena merasa mencari nafkahya denngan jalan tidak halal , dan kerjaannyapun tidak layak seperti pada umumnya .

Sungguh rasa malu ini sangat sulit untuk diterangkannya , karena sangat luas .


Rasulullah saw bersabda , “  Demi Allah , dia tidak beriman  !  Demi Allah , dia tidak beriman !  Demi Allah , dia tidak beriman ! Seorang hamba bertanya , “ Siapakah dia Ya Rasul ? “  Jawab Nabi saw  “ Orang yang tenagganya tidak aman dari keburukannya “  HR  Bukhari .

Semoga uraian ini bermafaat vuntuk kita semua. Insya Allah . Aaaaamiin.
Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...