Minggu, 12 November 2017

RIBA ADALAH DOSA BESAR DAN BAHAYANYA

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Bismillaahirrahmaanirrahiim.


Image result for riba dalam islam


Wahai saudaraku banyak sekali ayat – ayat Al Qur’an dan Hadist – hadist Nabi saw yang menjelaskan tentang larangan memakan riba , besarnya dosa dan akibat buruk yang ditimbulkannya .

 “ Al ladziina ya’ kuluunar ribaa laa yaquumuuna ilaa kamaaya qaumul ladzii yatakhab bathuhusy syaithaani minal massi “   

Yang artinya  “ Orang – orang yang makan ( mengambil ) riba , tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran ( tekanan ) penyakit gila “  QS Al Baqarah [ 2 ] :  275

Wahai saudaraku di hari Kiamat kelak orang yang memakan riba seperti kesetanan karena penyakit gila dan celaka .

 Nabi saw bersabda, “ Riba itu ada tujuh puluh jenis ( bab ) , dan riba yang plaing rendah adalah seperti orang yang berzina dengan ibunya “  HR Baihaqi .

Nabi  saw bersabda , “ Riba itu dosanya ada tujuh puluh macam, dosa yang paling ringan adalah seorang lelaki yang berzina dengan ibunya “  HR IBnu Majjah dan Baihaqi .

Wahai saudaraku orang yang mejalani riba itu dkenalnya sebagai lintah darat , pemakan darah manusia .

Menjalani riba itu memang cari uang dengan cara mudak namun resiko yang dihadapinya amat besar keburukannya dan dosanya .

Salah satu penyakit yang ditampakkan oleh Allah bagi periba adalah mereka tidak ada rasa peduli, belas kasihan terhadap korbannya .

Bahkan bila bertindak maka tindakannya itu lebih buas daripada harimau dan lebih rakus dari kera.

Nabi  saw bersabda , “ Allah tidak akan memasukkan empat orang ke dalam surgaNya , dan akan menghilangkan kenikmatanNya yaitu peminum khamer  ;  pemakan riba  ;  orang yang memakan harta anak yatim dengan tanpa hak ( zalin )  ;  orang yang durhaka terhadap kedua orang tua “   
HR Hakim.


Nabi  saw bersabda , “ Apabila zina dan riba telah begitu popular dalam suatu perkampungan , maka Allah swt akan mengazab para penduduknNya “  HR Hakim .

Semoga uraian ini bermanfaat untuk semuanya .
Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...