Minggu, 22 Juli 2018

211 . PERGI KE MASJID DI PAGI BUTA .


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim .

Rasulullah saw bersabda,

“ Berikanlah kabar gembira bagi orang-orang yang berjalan di dalam kegelapan untuk menuju masjid, mereka akan mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari kiamat.”

(HR Abu Dawud)

Rasulullah saw juga bersabda,


“ Barangsiapa yang pergi ke masjid atau pulang dari masjid, niscaya Allah akan persiapkan baginya tempat tinggal di dalam surga setiap kali dia pergi dan pulang.”

(HR Bukhari dan Muslim)

Melalui kedua Hadist ini Rasulullah saw menjelaskan bahwa siapapun akan mendapatkan cahaya yang sempurna dari Allah bila senantiasa shalat berjama’ah di masjid, khususnya shalat Subuh .

Karena shalat subuh itu suasananya masih dalam gelap ,dan waktu Subuh itu saat enak dan nikmatnya tidur karena lelahnya bekerja sepanjang siang .

Padahal bila Allah dan RasulNya membuka keutamaan melaksanakan shalat Subuh secara berjama’ah di Masjid , maka masjid – masjid akan dipenuhi dengan jama’ah . Terutama shaff terdepan sampai urutan shaff yang ketiga setelah imam .


Bahkan yang sakitpun tetap akan datang me masjid dengan jalan merangkak hanya untuk melaksanakan berjama’ah shalat Subuh .

Dan bagi yang bukan kerja kantoran biasanya mereka baru pulang ke rumahnya setelah melaksanakan shalat Dhuha di masjid .

Jadi sehabis waktu shalat Subuh sampai waktu Dhuha dimanfaatkan untuk kegiatan ibadah lainnya seperti berdzikir , bertafakur atau sejenisnya .

Bila ingin melihat orang yang beriman maka lihatlah para jama’ah shalat Subuh . Akan tetapi bila anda ingin melihat orang Islam maka anda bisa melihat mereka saat melaksanakan shalat Idul Fitri dan Idul Adha .

Bila apa yang telah diuraikan di atas dikerjakan oleh kita mudah – mudahan kita menemukan jalan untuk menuju rido Allah  .

Semoga uraian ini bermanfaat untuk kita semua .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...