Selasa, 17 Juli 2018

210 . KEUTAMAAN HARI JUM’AT .


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim .

Rasulullah saw bersabda ,

إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ قُبِضَ وَفِيهِ النَّفْخَةُ وَفِيهِ الصَّعْقَةُ


"Sesungguhnya di antara hari kalian yang paling afdhal adalah hari Jum'at. Pada hari itu Adam diciptakan dan diwafatkan, dan pada hari itu juga ditiup sangkakala dan akan terjadi kematian seluruh makhluk. . . . "

(HR. Abu Dawud)

Wahai saudaraku Allah memberikan nama – nama hari itu ada tujuh , dan semuanya  itu baik . 

Namun Rasulullah saw memberikan keistimewaan khusus untuk hari Jum’at . Kenapa seperti itu ?

Karena di Hari Jum’at Nabi Adam as dilahirkan . Dan di Hari Jum’at pula Nabi Adam as diwafatkan oleh Allah .

Kemudian di Hari Jum’at pula kelak sangkakala akan ditiup sehingga seluruh makhlk yang bernyawa semuanya mati .  

Artinya terjadinya Hari Kiamat adalah Hari Jum’at .

Kemudian Rasulullah saw memerintahkan kita semua agar banyak – banyak mengirimkan shalawat kepada beliau .

Karena dengan shalawat tersebut Allah akan memberikan syafaatNya khusus untuk umat Nabi Muhammad saw. Jadi jangan disalah artikan bahwa

Yang menolong kita kelak di Hari Kiamat itu adalah syafaat Nabi Muhammad , karena saat berada di dunia kita rajin berkirim shalawat kepada beliau .

Nabi Muhammad tidak bisa membantu kita , tapi Allah lah yang akan membantu kita karena kita mau berkirim shalawat kepada beliau .

Kemudian rajin – rajinlah shalat malem di malem Jum’atnya karena pintu pengabulan do’a dan pintu taubat terbuka lebih lebar dan lebih luas dari biasanya .

Namun sayangnya masih banyak malem Jum’at justru disalah artikan oleh sumber yang sangat menyesatkan orang Islam .

Dimana dikatakan bahwa malem Jum’at itu merupakan sunnah rasul untuk mengadakan hubungan suami istri . Sungguh ini kami belum menemukan hadistnya .

Kemudian ada lagi kalau malem Jum’at khususnya malem Jum’at Kliwon pergi berkunjung ke kuburan para wali atau orang – orang saleh , hanya sayang niat mereka banyak yang tidak lurus.

Bukannya datang ke kuburan yang dikunjungi itu untuk mendo’akan saja, akan tetapi justru pengunjung banyak meminta itu adalah untuk urusan duniawinya .

Jadi bukannya untuk tafakur bahwa suatu saat mereka akan menyusul , lalu sepulang dari kuburan terus meningkatkan amal ibadahnya sebagai persiaan bekal untuk akhiratnya , sama sekali tidak.

Atau minimalnya para pengunjung itu mengikuti jejak langkah yang sudah dilakukan oleh almarhum atau almarhumah , yang baiknya jalani dan yang kurang baiknya tinggalkan .

Oleh karena itu kita jangan sampai tertipu hanya asal ikut – ikutan saja yang akhirnya amal yang telah capek kita kumpulkan akan hilang dalam sekejap hanya karena ikutan berziarah tapi sudah salah niat . Ibadahnya sudah bercapur dengan kemusyrikan .

Semoga uraian ini bermanfaat untuk kita semua .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...