Jumat, 21 Juli 2017

ORANG MUSLIM ADALAH PENYEBAR KEDAMAIAN

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillahirranmaanirrahiim .


Photo


Wahai saudaraku tidak bosan2nya kami menghimbau kepada anda semua khususnya  untuk kami sendiri agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt .

Ingat takwa itu merupakan benteng  untuk mejauhi perbuatan yang dilarang dan dimurkai oleh Allah swt.

Selain dari itu kitapun hendaknya banyak mengucap rasa syukur kepada Allah atas segala nikmatNya terutama nikmat taufik , hidayah, maunah serta inayahNya , khususnya adalah nikmat Iman dan Islam

Wahai saudaraku marilah kita senantiasa bersolawat atas junjungan kita nabiyullah Muhammad saw sebagai penghormatan kita kepada beliau .Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Allah swt dan juga para malaikatNya .

Anas r.a berkata bahwa Rasulullah saw bersabda , “ Orang muslim adalah orang yang orang lain selamat dari gangguan lidah dan tangannya . Orang mukmin adalah orang yang manusia merasa aman dari gangguannya terhadap darah dan harta mereka “  HR Tirmidzi dan Nasa’i

Wahai saudaraku tidak ada orang hidup di dunia ini dalam kesendirian, karena manusia itu adalah makhluk social . 

Sebagai makhluk social maka harus berkomunikasi dengan yang lainnya . Karena antara yang satu dengan yang lainnya itu saling membutuhkan .

Salah satu kunci keberhasilan terjadinya komunikasi dengan orang lain adalah dengan menjaga lidahnya atau lisannya atau ucapannya .

Dengan lidah orang bisa selamat . Dengan lidah orang bisa celaka . Dengan lidah orang bisa terangkat derajatnya. Dengan lidah orang bisa menjadi hina  di mata Allah swt  dan dimata manusia .

Selain lidah tanganpun ikut punya peranan penting . Karena yang banyak berbuat itu adalah tangan . 

Tangan bila dikmanfaatkan untuk menolong orang lain , bersedekah , makan , bekerja  dll maka bisa mengangkat derajatnya . 

Tapi bila digunakan untuk berbuat maksiat , kezaliman, maka akan menjerumuskannya ke jurang kehinaan  baik di mata Allah maupun di mata manusia .

Sebagai muslim yang baik dan benar , maka akan selalu menjaga  lisan dan tangannya dari segala macam perbuatan yang akan menjadikan dirinya celaka baik di mata Allah maupun di mata manusia .

Sedangkan orang bisa dikatakan beriman bila keberadaannya di tengah orang lain itu mereka merasakan ketentraman dan kedamaian serfta aman .

Keberadaan orang beriman itu bisa menentramkan keadaan yang sedang kacau, mendamaiakan mereka yang sedang bermusuhan ,  menjernihkan suasana yang sedang keruh , mendinginkan situasi yang sedang panas  dsb .

Orang beriman senantiasa menjaga hartanya dari yang batil .  Sehingga apa yang dimilikinya itu banyak mengandung keberkahan .  

Dan makanan yang masuk ke dalam tubuhpun semuanya bersih dari noda dan dosa, sehingga bisa menjernihkan hatinya yang tadinya kotor .  

Itulah mengapa para waliyullah itu memiliki karamah Allah . Karamah itu adalah kemuliaan. 

Kemuliaan hanya bisa diperoleh dengan jalan takwa yang baik dan benar . 

Walaupun sudah bertakwa dengan baik dan benar, tidak semua orang diberikan karamah, karena kualitas ibadah seseorang itu hanya Allah yang menilainya .

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah  :

1.       Sudahkah kita menjadi seorang muslim yang benar  ? Yang selalu menyebarkan kedamaian bagi lingkunganya ?
2.       Mengapa di masyarakat masih sering terjadi kekerasan , bahkan tidak jarang terjadi antar  sesama muslim  ?
3.       Sudahkah kita menjadi orang beriman yang benar ? Yang selalu menyebarkan rasa aman di sekitar kita  ?
4.       Mengapa masih sering terjadi permusuha di antara kita , bahkan sering terjadi di antara orang yang mengaku beriman  ?

Oleh karena itu marilah kita tetap beribadah , bertakwa kepada Allah, dilakukan dengan cara istiqamah baik dalam keadaan lapang maupun sempit .  

Yang kita harapan bukan karamah , bukan surga, juga bukan menolak neraka, akan tetapi hanya mengharapkan rido Allah swt. Insya Allah . Aaaaamiin .

Semoga uraian ini bisa membuka mata hati kita semua yang selama ini telah tertutup.  Aaaammin
Wallahu ‘alam bish shawab

Subhanakallaahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika .

Barakallaahu fiikum .
Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...