Sabtu, 03 Februari 2018

YUK KITA BELAJAR KEHIDUPAN DARI HADIST RASULULLAH SAW .

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.



Diriwayatkan dari Abu Hurairoh radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Seseorang datang menemui Rasulullah saw dan bertanya,
Wahai Rasulullah, shodaqoh yang bagaimanakah yang paling besar pahalanya?.
Beliau bersabda :
Engkau bershodaqoh dalam keadaan sehat, amat membutuhkannya, khawatir miskin, dan berangan-angan menjadi orang kaya. Janganlah menunda-nunda (shodaqoh) sehingga jika ajal telah sampai ke kerongkongan engkau berkata, Untuk si fulan sekian, untuk si fulan sekian.Padahal memang harta itu untuk si fulan
H.R. Bukhari, lafazh ini darinya dan Muslim.
Melalui Hadist ini ternyata shodaqoh yang paling besar pahalanya atau yang paling utama adalah :
1. Saat kita sendiri sedang membutuhkan lalu berani membagikan apa yang kita miliki kepada orang lain yang kehidupannya lebih susah dari kita .
2. Di saat kita merasa khawatir takut miskin, lalu kita berani mengeluarkan sebagian dari harta kita untuk diberikan kepada mereka yang benar - benar membutuhkan ;
3. Di saat kita sedang berangan - angan ingin menjadi kaya , kita rela mengeluarkan sebagian dari harta kita untuk diberikan kepada mereka yang kehidupannya sangat miskin .
4. Di saat kita masih diberi hidup oleh Allah kita rajin bershodaqoh. Karena shodaqoh itu tidak akan diterima saat nafas kita sudah sampai di kerongkongan [ saat kita sedang mengalami nazah ] .

R E N U N G A N  :

Setelah kita membaca uraian di atas kita dapat mengambil kesimpulan beberapa hal yakni :
1.  Di saat kita sedang butuh untuk diri sendiri tapi berusaha untuk bia memnuhi kebutuhan orang lain yang lebih membutuhkan dari kita .
2.  Di saat kita merasa khawatir harta akan berkurang bila dibagikan ke orang lain, maka kita berusaha menghilangkan kekhawatiran itu untuk bisa membahagiakan orang lain dari sebagian harta kita .
3.  Di saat kita ingin kaya agar punya  harta yang banyak , kita berusaha untuk berbagi dengan yang lain yang kehidupannya lebih miskin dari kita 
Semoga hita semua menjadi manusia yang rajin bershodaqoh karena Allah dan mengikuti tuntunan Rasulullah saw . Insya Allah . Aaaaamiin.
Wallohu'alam bish shawab
Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...