Rabu, 11 April 2018

64 . KERAMAHAN DAN AZAS MANFAAT


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Rasulullah saw bersabda  

“ Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia." 

HR. Thabrani dan Daruquthni .

Wahai saudaraku  bila kita ingin manjadi orang yang beriman , maka kita harus memiliki sifat ramah .

Sifat ramah adalah menunjukkan sifat akhlak yang sangat baik  .  Ucapannya tidak menyakiti hati orang lain . Kata – katanya bsa menjadi hujjah yang nyata .  

Kalimat – kaoimatnya enak didengar dan sekaligus bisa menjadi obat bagi mereka yang sedang resah , gelisah,bingung , takut , khawatir sehingga semuanya bisa menjadi tenang dan suasana damai .

Sikap dan prilakunya menunjukkan ketakwaan terhadap Allah dan RasulNya .  

Sikapnya banyak diam tapi memperhatikan dengan cermat dan teliti apa yang sedang dihadapinya 

Dan bila bicara tidak banyak ,singkat , jelas , tegas namun lembut  , sehingga dia nampak sekali kewibawaannya .  

Dia tidak mau bicara yang tidak ada manfaatnya .  Dia selalu berusaha agar hidupnya itu bisa bermanfaat bagi banyak orang . Tidak mementingkan diri sendiri . Sikapnya selalu rendah hati . 

Bila dia tidak cocok dengan  orang lain , dia pergi meninggalkannya , tapi dengan sopan . Tidak menunjukkan rasa kebencian .  

Dia amat berkasih saying terhadap orang yang kehidupannya lebih rendah dari dirinya , terutama kepada fakir , miskin , anak – anak yatim dan mereka yang sudah  lemah tapi tidak mau meminta – minta .  

Disaat dia berada denga mereka nampaknya seperti orang biasa saja , tapi di saat dia tidak ada mereka mencarinya dan mengharapkan kedatangannya untuk bisa berkumpul bersama mereka .

Semoga bermanfaat .

Wassalamu'alikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...