Rabu, 30 Januari 2019

404 . HATI ADALAH RAJANYA TUBUH .


Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Wahai saudaraku di dalam tibuh kita itu ada segumpal daging . Bila daging itu besih, maka bersihlah seluruh tubh. BIla daging it kotor mkakoorlah seluruh tubuh. Bila daging itu sakit maka sakitlah seluruh tubuh. Dan daging itulah yang kita naakan HATI .
HATI adalah rajanya tubuh, semua perintah dan larangan bersumber dari hati . Di dalam hati ada dua makhluk Allah yakni malaikat dan setan .

Malaikat selalu membisikkan hal – hal yang benar atas perintah Allah. Sedangkan setan selalu membisikkan hal – hal yang menyesatkan, menimpang dari kebenaran .

Malaikat dan setan itu bermukim di hati sedangkan malaikat bermukinm di nurani atau batin .

Antara malaikat dan etn ini setiap detiknya selalu msaling mempengaruhi, berusaha ingin menang, saling mengalahkan .

Bila malaikat yang menang maka yang muncul paa diri kta adalh sikap yang baik dan benar . Sebaliknya bila setan ang menang maka yang muncul adalah sikap dan prilaku yang buruk kita . 

Untuk itu mari kita gunakan hati dan fikiran ini sebagai anugrah terbesar yang di berikan oleh Allah SWT kepada kita dengan sebaik-baiknya. 

Hati inilah yang menjadi motor atau penggerak bagi seluruh anggota tubuh kita, hati ini pula yang menjadi raja bagi seluruh anggota tubuh kita ini, sebagaimana termaktub dalam hadits Rasulullah SAW yang artinya 

“Sesungguhnya dalam tubuh manusia ada segumpal darah, manakala ia baik maka baiklah seluruhnya tapi manakala ia buruk maka buruklah seluruhnya, ia adalah hati”

(HR. Muslim).

Allah SWT juga berfirman di dalam surat Al-Isra’ ayat 36

وَلاَتَقْفُمَالَيْسَلَكَبِهِعِلْمٌإِنَّالسَّمْعَوَالْبَصَرَوَالْفُؤَادَكُلُّأُولئِكَكَانَعَنْهُمَسْؤُولاً

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawabannya “.

Semoga uraian ini  bermanfaat untuk kita semua. Insya Allah . Aaaaamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...