Jumat, 17 Agustus 2018

236 . BERBUAT BAIK KEPADA KEDUA ORANG TUA .


Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Allah swt berfirman di dalam QS Al Isra’ [ 17 ] :  23

“Dan Rabbmu telah memerintahkan 
agar kamu jangan menyembah selain Dia 
dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. 
Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya 
sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka 
sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya 
perkataan ”ah” dan 
janganlah kamu membentak keduanya, 
dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.”

Melalui ayat ini Allah memerintahkan kita semua agar senantiasa mentaati perintahNya dan menjauhi laranganNya . Itulah tanda wujud dari ketakwaan kita.

Bila kita dapat melaksanakan takwa kita kepada Allah maka kita akan tergolong ke dalam golongan orang - orang yang beriman .

Orang -orang yang beriman adalah mereka yang telah mendapatkan keuntungan dan kemenangan besar dari Allah swt , derajatnya akan terangkat oleh Allah swt dan yang pasti hidupnya akan berbahagia di dunia dan akhirat .

Kita dilarang mempersekutukan Allah swt . Karena perbuatan tersebut adalah perbuatan zalim. Dan perbuatan zalim itu hanya dilakukan oleh mereka yang kafir.

Orang kafir adalah orang yang tidak beriman kepada Allah , ucapannya, sikap dan priakunya selalu menentang Allah swt.

Allah juga memerintahkan kita semua agar berbuat baik kepada kedua orang tua kita. Karena masih banyak sampai saat ini yang banyak membikin orang tuanya susah.

Setelah mereka mandiri dan bisa mencari uang untuk mencukupi kehidupannya, lalu kedua orang tuanya dilupakan .

Mereka kurang rasa pedulinya terhadap kedua orang tuanya . Bila jauh, maka datang ke orang tua cukup setahun dua kali saja kalau Idul Fitri dan Idul Adha saja.

Bila orang tuanya sakit hanya kirim uang saja, dengan alasan sibuk banyak kerjaan . Padahal sesungguhnya banyak santainya.

Karena sudah menghitung kalau pulang ke orang tua biayanya besar, transporstnya , biaya makannya belum nanti harus ngasih orang tua. Khawatirnya sepulang dari orang tua duit menipis, lalu hidupnya menjadi sengsara dan menderita.

Dengan berbuat baik terhadap kedua orang tua artinya kita dilarang keras berbicara kasar kepada mereka yang bisa membuat hati mereka sakit , apalagi bila berbicara dengan orang tua sambil membentak seperti bicara terhadap musuhnya saja .

Dan pada umumnya bila orang tua sudah berusia lanjut jarang yang mau memeliharanya. Karena merasa banyak uang , lalu mereka menitipkannya di panti lansia , dengan alasan di rumahnya nggak ada yang ngurus .

Mereka bukan seperti itu alasan yang sesungguhnya yaitu , orang tuanya itu rewel, bawel, cerewet, sok ngatur , nambah pusing dan sejenisnya.

Allah swt tidak meilhat apa yang disampaikan terhadap orang lain mengenai keadaan orang tuanya aka tetapi Allah swt hanya melihat di hatinya .

Semoga saja kita semua tidak berbuat seperti yang diuraian di atas, tapi kita bisa membahagiakan kedua orang tua kita sesuai kesanggupan kita masing - masing . Insya Allah . Aaaaamiin. 

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...