Senin, 22 Oktober 2018

286. ORANG SOLEH ITU SEPERTI APA ?


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Sayyidina Ali bin Abi Thalib ra berkata,

Tidak ada sifat tercela bila lima sifat ini tidak ada dan akan menjadi orang soleh yaitu 

1. Riya’ dari setiap amal yang dilakukan ; 
2. Merasa bangga dengan pendapatnya sendiri ; 
3. Merasa senang dengan kebodohan ; 
4.Rakus terhadap harta duniawi ; 
5. Bakhil dengan kelebihan harta yang dimiliki .

Sayyidina Ali bin Abi Thalib ra memberikan petujuntuk kepada kita semua bila kita ingin termasuk golongan orang – orang soleh yakni

Pertama .

Lakukan setiap perbuatan yang kita kerjakan itu karena Allah dan hanya untukl Allah swt. Hindari mencari pujian dari orang lain, tapi mari kita cari jalan agar Allah banyak memuji perbuatan kita.

Hindari memamerkan apa yang telah kita miliki baik harta, kerjaan, jabatan, ilmu, gelar. Karena semua itu adalah amanat Allah swt.

Marilah kita manfaatkan harta kita, kerjaan kita, jabatan kita , ilmu kita dan gelar kita untuk kebaikan dan kesejahteraan umat manusia karena Allah swt.

Ke dua .

Jangan menjadi orang yang sok pintar, karena kepintaran itu adalah dari Allah apalagi sampaimembanggakan kepintarannya di hadapan orang lain.

Janganlah merasa bangga dengan harta kita karena harta itu hanyalah titipan Allah untuk dimanfaatkan sebaik mungkin guna menambah bekal kehidupan akhirat kita.

Jangan sok bangga dengan kerjaan kita lalu kita manfaatkan untuk menipu dan menzalimi orang lain, tapi manfaatkan kerjaan itu untuk kebaikan kita .

Jangan sok bangga dengan jabatan kita, karena jabatan ada masa berakhirnya. Namun manfaatkan jabatan tersebut untuk mensejahterakan dan membahagiakan banyak orang .
Jangan sok bangga dengan kesuksesan keluarga kita karena semua itu adalah dari Allah Tapi berbanggalah bila kesuksesan itu dimanfaatkan untuk kebaikan.

Ke tiga .

Jangan menajdi orang bodoh. Karena orang bodoh itu tidak bisa membedakan mana baik dan mana buruk.

Orang yang paling bodoh adalah orang yang sesungguhnya bodoh, akan tetapi tidak menyadari apalagi sampai mengakui kebodohannya.

Marilah kita banyak belajar baik dari membaca atau bergaul serta dari pengalaman agar kita berusaha menjadi orang pintar.

Kepintaran yang disukai oleh Allah adalah bila kepintaran itu dimanfaatkan untuk mensejahterakan banyak orang , bukan untuk meniu orang atau menzalimi orang .

Keempat .

Hindari sifat rakus dan tamak dalam hal duniawi , karena sifat-sifat ini akan mengorbankan orang lain demi kepentingan sendiri.

Sebaliknya kita harus bersifat ramah, dermawan terhadap sesame kita. Karena keberhasilan kita itu bukan atas hasil kerja kita sendiri.

Tapi juga atas bantuan dan pertolongan mereka , utamanya dari Allah dan atas rido Allah.

Karena tanpa ada izin dan rido Allah , maka segala sesuatunya tidakakan terjadi .

Ke lima .

Hindari sifat kikir dan bakhil, gantikan dengan sifat dermawan, rasa sosialis yang tinggi .

Mari kita bantu mereka yang lemah, yang kekurangan, anak-anak yatim agar mereka juga bisa hidup layak seperti kita .

Mari kita bantu mereka diniatkan karena Allah, karena dengan membantu mereka artinya kita telah membantu diri sendiri dan membantu Allah.

Maka Allah pun akan membantu kita sesuai dengan amal perbuatan yang telah kita lakukan .

Semoga ini bermanfaat untuk kita semua . Insya Allah . Aaaaamiin.

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...