Senin, 22 Oktober 2018

284 . KEBAIKAN DAN KEBURUKAN


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Sungguh berbahagialah kita diciptakan oleh Allah swt sebagai manusia yang paling sempurna di sisi Allah swt dan paling mulia dibandingan dengan makhluk - makhluk lainnya.

Selain dari itu Allah swt telah memberinya gelar kepada kita semua sebagai khlalifah yaitu sebagai pemimin yang harus bisa memimpin dirinya sendiri , dan memelihara alam semesta ini, jangan membikin kerusakan di muka bumi ini.

Allah telah memberi kta satu perangkat. Dan dengan perangkat itu itulah kelak Allah akan menilai kita . 

Ada satu pengkat yang dianugerahkan Allah kepada setiap manusia. Sungguh alat tersebut bagaikan cermin diri, tidak pernah dusta . Apa yang disampaikannya itu selalu jujur, selalu baik dan tanpa pamrih. 

Wahai saudaraku sudahkah anda tau apakah perangkatitu gerangan ?  Hebatnya peangkat ini adalah 

seandainya kita belum tahu baik dan buruknya dari ayat2 Al Qur’an dan Hadits, maka alat itu selalu membisikkan kebaikan . Namun sungguh sangat disayangkan kebanyakan dari kita mengabaikannya. 

Perangkat tersebut adalah hati nurani kita.  Hati nurani ini tidak bisa berpisah, mereka selalu bersama, dan saling mempengaruhi.  

Kalau di dalam hati masih banyak bersarang penyakit hati seperti kikir, ego, sombong, jahat, zalim, fitnah, ghibah, bakhil, dsb yang kesemuanya itu dikendalikan oleh syaitan. 

Sedangkan nurani itu selalu mengajaknya pada kebaikan, kebajikan. Karena di dalamnya ada malaikat . Pernahkah kita berupaya memahami nurani kita ? 

Di zaman sekarang ini manusia semuanya masih punya hati, namun sayang nuraninya banyak yang sudah dimatikan oleh dirinya sendiri. Sehingga ucap, sikap dan prilaku yang muncul adalah akhlak syaitan, bukan akhlak malaikat . 

Wahai saudaraku sahabat Wabishah bin Al Ma’bad al Juhanni r.a berkata , 
“ Pernah saya dating kepada Rasulullah saw dan bertanya tentang kebaikan dan do’a . 

Rasulullah saw bersabda, 

“ Tanyalah pada hati nuranimu . Kebaikan itu adalah yang dengannya jiwamu menjadi tentram dan hatimu menjadi damai .  Sedangkan kejelekan atau dosa itu adalah dengannya hatimu menjadi gelisah dan engkau tidak suka apabila perbuatan itu diketahui oleh orang lain “  

HR Turmudzi dan Ahmad … 

Semoga saja kita semua tidak mematikan perangkat yang telah diberikan oleh Allah sehingga kitasenantiasa berada di jalanNya yang benar . Aaaaamiin  .

Barakalloohu  fiikum ……  
Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...