Rabu, 24 Oktober 2018

289. BANTULAH KESULITAN ORANG LAIN .


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Wahai saudaraku dalam hidup ini tidak ada manusia yang lolos dari berbagai macam ujian dan cobaan dari Allah swt .

Ujian itu adalah berupa kenikmatan hidup sedangkan cobaan adalah berupa kesulitan hidup .

Banyak orang disaat mendapat cobaan kenikmatan hidup menjadi lupa diri . Seharusnya  mereka bersyukur atas semua itu .

Dan banyak pula orang disaat  mengalami kesulitan hidup tidak mau bersabar . Yang ada hanyalah penasaran ,marah, jengkel , mengeluh dsb .

Sungguh kehidupan dunia modern ini membuat nafas menjadi bertambah sesak . Dada terasa semakin menyempit , jantung berdetak semakin cepat . Yanng ada adalah rasa khawatir, ketakutan , was – was .

Kesulitan semakin menumpuk, kesulitan datang silih berganti tiada henti . Kesulitan datang saling susul menyusul bagaikan antrian panjang yang tak ada putusnya .

Dan kesulitan – kesulitan ini hampir dialami oleh manusia sebagai diri , agama , keluarga, masyarakat, bangsa , Negara bahkan sampai internasional .

Cara menghadapi kesulitanpun berbeda-beda. Ada yang menanggapinya dengan serius , ada yang santai – santai saja , ada pula yang menganggap sepele .

Kehidupan di kota – kota besar lebih banyak menghadapi kesulitan hidup dibandingkan dengan mereka yang tinggal di pedesaan .

Hidupan di kota besar menghadapi berbagai macam dinamika kehidupan sehingga menimbulkan berbagai macam kesulitan. Karena segalanya ingin praktis, serba cepat , instant dan mudah .

Berbeda dengan kehidupan di pedesaan kehidupannya lebih tenang, banyak bersabar , cermat dan teliti serta hemat karena banyak belajar dari proses alam .

Setiap manusia tidak ada yang ingin bertemu dengan yang namanya kesulitan. Tapi kodrat tetap tidak bisa diingkari , kesulitan senantiasadatang juga .

Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan kesulitan ?  Kesulitan adalah halangan dan rintangan untuk mendapatkan atau memperoleh sesuatu dengan cara wajar dan baik .

Kita sebagai muslim diperintah oleh Allah swt untuk membantu orang lain dalam mengatasi kesulitan. 

Misalnya dengan memberikan pinjaman atau membebaskan pinjaman . Memberikan pandangan atau wawasan, bersedekah , hibah dsb .

Rasulullah saw bersabda,  

  Barangsiapa melonggarkan kesulitan seseorang mukmin 
dari suatu kesusahan dunia , maka 
Allah akan melonggarkan baginya suatu kesusahan di Hari Kiamat , 
dan barangsiapa yang memudahkan terhadap orang yang kesulitan , 
maka Allah akan memudahkan terhadapnya di dunia dan akhirat “  

HR Muslim .

Oleh karena itu marilah kita bantu kesulitan orang lain sesuai dengan kemampuan kita masing – masing .

Syukur membantunya dengan materi. Bila materi gak mampu bisa juga dengan tenaga . 
Bila tanaga juga masih gak mampu, bisa dilakukan dengan memberikan saran atau pendapat .

Dan dalam membantu itu niatkan karena Allah dan hanya untukNya. Jangan sampai mau membantu itu karena ada tujuan tertentu yang bisa menguntungkan untuk pribadinya .

Setiap orang yang datang ke anda dan minta diberikan bantuan itu artinya dia dalam keadaan gelap. Maka berilah cahaya . Jangan tambah dijerumuskan ke tempat yang lebih gelap lagi .

Atau membantu dengan memberikan beban kepadanya yang sedang kesulitan justru akan semakin menjadi  tambah sulit dan rumit .

Barangsiapa yang mempersulit orang lain maka sama dengan mempersulit dirinya sendiri . Barangsiapa yang mempermudah orang lain, berarti mempermudah dirinya sendiri .

Jangan mengajukan kesulitan anda di medsos atau pada sembarang orang karena hal itu tidak akan bisa membantu anda..

Jangan pula anda minta bantuan ke dukun atau paranormal. Sudah anda lagi jatuh ketimpa tangga lagi.

Bila anda akan mendatangi dukun saya , baru niat, maka ibadah anda tidak akan diterima oleh Allah selama 40 hari.

Saat anda berangkat ke dukun atau paranormal, lalu berbicang dengannya, dan anda mengangguk tanda setuju, maka bertambah 40 hari lagi ibadah anda ditolak olehNya .

Sepulang dari dukun atau paranormal, bila ucapannya dilaksanakan, maka putuslah hubungan anda dengan Allah. Allah sudah tidak peduli lagi dengan nasib anda.

Dan di akhiratpun saat meminta tolong ke Allah karena azabNya, maka Allah perintahkan silahkan kalian datangi orang2 yang pernah dimintai bantuan oleh  kalian, jangan ke AKU. Wauw ngeri deh .

Sebaiknya anda utarakan kesulitan anda kepada orang yang dianggap bisa membantu memecahkan kesulitan anda. Dan yang lebih tepat lagi adalah ke Allah .

Allah pun akan membantu anda jalan yaitu mempertemukan anda dengan orang yang tepat . Dan hal ini tidak bisa terjangkau oleh alam pikiran manusia . Itulah rahasia Allah .

Misalnya di dumay ini anda punya banyak teman, namun hati anda tergerak kepada seseorang . Kemudian anda berkenalan dan ternyata banyak kecocokan dengan hati anda.

Akhirnya anda curhat kepadanya dan setelah mendapatkan saran darinya hati kok rasanya semakin tenang, semakin percaya diri dan timbul sengat lagi utuk melangkah .

Itulah sebenarnya pertolongan bukan darinya, akan tetapi dari Allah . Dan itu merupakan hidayah dari Allah . Subhanallah .

Karena semua masalah datangnya dari Allah, yang akan membantu anda juga Allah, karena yang menyelesaikannya juga Allah .

Semoga saja uraian ini bisa membantu kita semua sebagai pandangan dan saran , sehingga kita tidak terjerumus ke jurang kesesatan .

Wallaahu a’lam bish shawab
Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...