Sabtu, 27 Oktober 2018

295 . NASIHAT BUYA HAMKA



Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Berikut ini adalah nasihat dari Ulama Besar kita yakni Buya Hamka , mari kita simak bersama  ;

1.Jika kita memelihara kebencian dan dendam maka seluruh waktu dan pikiran yang kita miliki habis begitu saja  dan kita tidak akan pernah menjadi orang produktif .

2. Kekurangan orang lain adalah ladang pahala bagi kita untuk memaafkannya, mendoakannya , memperbaikinya dan menjaga aibnya .

3. Bukan gelar, jabatan dan kekayaan yang menjadikan orang mulia . Jika kualitas pribadi kita buruk, semua itu hanyalah topeng tanpa wajah .

4. Ciri seorang pemimpin itu baik akan tampak dari kematangan pribadinya, Buah karyanya , serta integrasi antara kata dan perbuatannya .

5, Jika kita belum bisa membagikan harta atau membagikan kekayaan maka bagikanlah contoh kebaikan karena hal itu akan menjadi tauladan .

6. Jangan pernah menyuruh orang lain untuk berbuat baik sebelum menyuruh diri sendiri . Awali dengan sesuatunya untuk bebaikan dari diri kita sendiri .

7. Pastikan kita sudah melakukan yang terbaik dan beramal hari ini baik dengan materi, ilmu, tenaga atau minimal dengan senyuman yang tulus .

8 Para pembohong akan dipenjara oleh kebohongannya sendiri dan orang jujur akan menikmati kemerdekaan dalam hidupnya .

9. Bila memiliki banyak harta maka kitalah yang menjaga harta tersebut . Namun jika kita memiliki ilmu  maka ilmulah yang akan menjaga kita .

10. Bila hati kita bersih  maka tak ada waktu untuk berfikir licik , curang , atau dengki sekalipun terhadap orang lain .

11. Bekerja keras adalah bagian dari fisik . Bekerja cerdas merupakan bagian dari otak . Sedangkan bekerja ikhlas adalah bagian dari hati .

12. Jadikan setiap kritik bahkan penghinaan yang kita terima sebagai jalan untuk memperbaiki diri .

13. Kita tidak perlu tahu kapan kematian akan menjemput kita tapi iita tahu adalah kematian itu pasti dating dan seberapa banyak bekal rohani yang kita miliki untuk menghadapinya  .

Semoga nasihat ini bermanfaat untuk kita semuanya . Insya Allah . Aaaaamiin.

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...