Minggu, 24 September 2017

GOLONGAN ORANG YANG BERIMAN

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Bismillaahirrahmaanirrahiim .


Image result for ORANG BERIMAN


Wahai saudaraku ada tiga sifat yang harus melekat di hati orang yang beriman yaitu mengajak berbuat  kebaikan ,  mencegah kemunkaran dan  beriman kepada Allah swt .

Allah swt berfirman di dalam QS Ali IMran [ 3 ] 104 yaitu
“ Wal takun minkum ummatun yad’uuna ilal khairi wa ya’muruuna bil ma’ruufi way an hauna ‘anil munkari wa ulaaaika humul muflihuun  “ 

Yang artinya , “  Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan , menuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar ; merekalah orang – orang yang beruntung  “ .   QS 3 :  104

Wahai saudaraku melakukan amar ma’ruf itu bukan pekerjaan yang mudah , karena pekerjaan ini memerlukan kekuatan iman yang mendalam .

Sebab terkadang mengajak orang lain untuk berlaku adil dan baik tidaklah gampang seperti yang dibayangkan .

Kebanyakan mereka itu membangkang , mengadakan perlawanan dan tantangan yang mengundang resiko . Menghadapi  dan meluruskan suatu masalah tidak hanya membutuhkan kekuatan lahiriyah saja , akan tetapi juga  membutuhkan kekuatan batin .

Semua itu bisa dilakukan dengan pertolongan dan hidayah Allah yang memelihara alam semesta dan mampu menaklukkan dan melunakkan hati manusia .

Dan lebih sulita lagi untuk melaksanakan nahi munkar . Hal ini diserahkan kepada kemampuan yang ada pada diri kita masing – masing .

Kewajiban nahi munkar ini digambarkan oleh Nabi saw seperti orang yang naik perahu, dimana orang yang berada di bagian bawah bila membutuhkan air , maka harus naik ke bagian atas untuk mengambil air . 

Namun bagi sebagian orang ada yang inginnya jalan pintas yaitu dengan jalan melubangi bagian atau dinding perahu.

Bila hal ini tidak dicegah maka perahu akan bocor , air masuk ke dalam perahu dan akhirnya perahu akan tenggelam .

Termasuk bila kita melihat kemunkaran, bila hal itu didiamkan atau dibiarkan saja, maka bencaa akan meimpa kita semua .

Allah swt berfirman di dalam QS Al Anfal [ 8 ] : 25 yaitu
“  Wattaquu fitnatan laa tushiibannal ladziina dzalamuu minkum khaaash shatan “ 

Yang artinya , “ Dan peliharalah dirimu dari pada siksaan yang tidak khusus menimpa orang – orang yang zalim saja di antara kamu “  .  QS 8 :  25  

Rasulullah saw bersabda , “ Barangsiapa melihat kemunkaran maka hendaklah dia merubahnya dengan tangannya , jika tidak mampu maka dengan lidahnya , jika tidak mampu maka dengan hatinya . Dan itulah selemah – lemahnya iman “ .  HR Muslim

Untuk itu sebelum dipraktekkan terhadap orang lain, alangkah lebih utamanya dilakukan terhadap diri sendiri terlebih dahulu apakah dalam hal amar ma’ruf maupun nahi munkar .

Bila hal ini hanya dilakukan terhadap orang lain sedangkan dirinya tidak menjalaninya , maka Allah akan menurunkan siksa dan azab terhadapnya , dan do’anyapun tidak akan dikabulkan oleh Allah swt .
Semoga uraian ini bisa membuka mata hati kita yang selama ini telah tertutup atas seizing dan rido Allah swt . Aaaaamiin.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

Wallaahu a’lam bish shawab

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...