Selasa, 26 September 2017

DIRIKANLAH SHALAT

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.




Salah satu ciri orang yang bertakwa adalah dengan melaksanakan shalat wajib lima waktu .  Shalat adalah suatu perbuatan dan perkataan tertentu yang dimulai dari takbir dan diakhiri dengan salam.

Syarat syahnya shalat adalah sebelum shalat harus diawali dengan bersuci terlebih dahulu, yakni mengambil air utuk berwudhu .

Pakaian dan tempat shalatpun harus terbebas dari najis atau kotoran .

Shalat itu mendidik dan mengajarkan setiap muslim untuk senantiasa menjaga  kebersihan pakian, tempat tinggalnya sehari – hari .

Syarat syahnya shalat itu diantaranya harus menghadap kiblat, kecuali bila tidak tahu arah kiblat kemana, maka kemanapun menghadap dianggap syah.

Termasuk juga shalat di saat dalam keadaan terjadinya peperangan . Bisa dilakukan sepotong – sepotong tapi bersambung untuk saling berjaga melindungi rekannya yang sedang shalat . Arah shalat bebas.

Shalat tidak hanya dilakukan sendirian saja akan tetapi lebih diutamakan melaksanakan shalat berjamaah.

Dengan shalat berjamaah mendidik manusia bahwa dalam hidup itu tidak ada perbedaan, berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah .

Shalat berjama’ah itu bisa dijadikan sebagai ajang silaturahmi di antara para jama’ah , dan membina persatuan dan kesatuan antar sesame umat muslim.

Gerak dan bacaan dalam shalat tujuannya untuk mengagungkan Allah seperti ruku’ , sujud , berdiri dengan hati yang khusyu’.

Shalat mendidik kita untuk berdisiplin dalam hal waktu , aturan , pakaian , cara pembacaan , mengingat dan mengagungkan Allah swt

Semoga uraian ini bisa membuka mata hati kita semua yang selama ini telah tertutup.  Aaaammin
Wallahu ‘alam bish shawab

Subhanakallaahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika .

Barakallaahu fiikum

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...