Jumat, 22 September 2017

KEBURUKAN TERHAPUS OLEH KEBAIKAN

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.




Wahai saudaraku tidak ada manusia di dunia ini yang hdupnya ingin sengsara dan menderita di dunia dan akhirat. Pasti semuanya ingin berbahagia dan selamat dunia akhirat.

Namun hanya keinginan saja, tanpa berbuat sesuatu , maka apakah hal itu akan terwujud ? Apakah  hanya dengan berdo’a kepada Allah , tanpa adanya perbuatan yang nyata bisa Allah kabulkan ?  Tidak sama sekali .

Bila kita menginginkan kebaikan , maka tanamkan kebaikan sebanyak mungkin. Bila kita ingin berbahagia, maka tempuhlah sajan yang menuju kea rah itu .

Jangan sampai kita minta dilindungidari siksa api neraka, akan tetapi perbuatannya justru mendekatkan diri, pasang badan , seolah – olah menantang neraka.

Rasulullah saw bersabda, “ Takutlah engkau kepada Allah dimana saja engkau berada , dan susul ( tutup  ) lah sesuatu kejahatan itu dengan kebaikan , pasti akian menghapsnya dan bergaullah dengan orang lain disertai budi pekerti yang luhur , yang baik  .  HR Tirmidzy .

Berdasarkan Hadist ini maka manusia memiliki tiga kewajiban dalam hidup yaitu  

1, Kewajiban terhadap Allah  ;  
2.  Kewajiban  terhadap dirinya sendiri  ;  
3.  Kewajiban terhadap orang lain .

Kewajiban terhadap Allah adalah dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya  ;

Kewajiban terhadap diri sendiri adalah dengan memanfaatkan seluruh anggota tubuh kita sesuai dengan fungsi dan kegunaannya tertama sekali untuk hal – hal yang disukai oleh Allah ; 

Kewajiban terhadap orang lain adalah saling menghormati , menghargai , mengingatkan , membantu , mengisi , memberi , menerima dll .

Allah swt berfirman di dalam QS Maryam  :  69  - 72  yang artinya

( 69 )   Kemudian pasti akan Kami tarik dari tiap-tiap golongan siapa di antara mereka yang sangat durhaka kepada Tuhan Yang Maha Pemurah.

( 70 )   Dan kemudian Kami sungguh lebih mengetahui orang-orang yang seharusnya dimasukkan ke dalam neraka.

( 71 )   Dan tidak ada seorangpun dari padamu, melainkan mendatangi neraka itu. Hal itu bagi Tuhanmu adalah suatu kemestian yang sudah ditetapkan.

( 72 )   Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertakwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut.

QS  19  :  69  -  72

Dan Allah swt berfirman di dalam QS Huud [ 11 ] :  114 yang artinya ,

Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.  

QS  11:  11

Semoga uraian singkat ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat membuka mata hati kita yang selama ini telah tertutup. Aaaaamiin.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika
Wallaahu a’lam bish shawab


Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...