Jumat, 22 September 2017

BAHAYANYA MENINGGALKAN SHALAT FARDHU

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.




Wahai saudaraku shalat lima waktu adalah kewajiban utama yang paling penting . Bagi manusia yang sudah megijak masa dewasa , baik anak-anak maupun orang dewasa, wajib melaksanakannya.

Tidak adalah alasan untuk meninggalkan shalat walau dimanapaun kita berada dan dalam keadaan apapun kita saat itu.

Shalat harus dikerjakan denga berdiri, bila tidak mampu berdiri, maka shalat dil;akukan dengan cara duduk . 

Bila duduk tidak, mampu maka bisa dikerjakan sambil berbaring. Bila berbaring masih juga tidak, mampu, tidak bisa bergerak, maka bisa dilakukan dengan cara isyarat.

Shalat dalam keadaan berperang, bisa dilakukan sepotong sepotong tapi tidak terputus, sambil saling berjaga diri secara bergiliran , sampai salam . Wudhunya cukup dengan bertayamum saja bila cari airnya sulit .

Rasulullah saw bersabda, “ Ash shalaatu ‘imaa duddiin ,  faman aqamahaa faqad aqaamadiin , wa man tarakahaa faqad hadamaddiinnn “

Yang artinya " Shalat adalah tihang agama . Barangsiapa mendirikan shalat berarti dia mendirikan agama. Dan barangsiapa yang meninggalkan shalat berarti dia merobohkan agama “ .
Suatu riwayat mengatakan bahwa ada seorang pendatang menghadap Rasulullah dan bertanya  , 
“ Ya Rasul , amalan apakah yang paling disukai oleh Allah swt dalam Islam ? “ 

Rasulullah saw menjawab , “ Shalat tepat pada waktunya . Dan barangsiapa yang meninggalkan shalat maka berarti tidak mempunyai agama , sebab shalat itu sebagai tihang agama “ .  

HR Baihaqi .

Rasulullah saw bersabda, “  Manakala seseorang meninggalkan satu shalatfardhu dengan sengaja , maka namanya ditulis pada pintu neraka “ “ Fulan bin fulan , tidak boleh tidak pasti masuk neraka “

Rasulullah saw bersabda, “  Di antara seorang hamba ( orang Islam ) dengan orang kafir ( letak perbedaaannnya )  meninggalkan shalat ".  HR Ibnu Majjah

Orang yang meninggalkan shalat dianggapnya telah melakukan pelanggaran besar, maka dosanyapun amat besar .

Barangsiapa yang meremahkan shalat , maka kelak diakhirat juga akan diremehkan oleh Allah swt . Kecuali bagi mereka yang mau bertaubat dengan taubatan nasuha .

Menurut para ulama ahli tafsir yang dimaksud mengingat Allah itu adalah  shalat lima waktu . Orang yang tidak melaksanakan shalat berarti telah melupakan Allah swt .

Rasulullah saw bersabda, “ Perbuatan hamba yang pertama kali akan dihisab di Hari Kiamat nanti adalah shalatnya . Maka barangsiapa yang shalatnya bagus , sungguh dia telah berbahagia dan akan selamat. Dan jika kurang baik shalatnya dia akan sengsara dan merugi ." 
HR Tirmidzy, Tabrani dan Mundzir.

Allah swt berfirman di dalam QS Al Muddatstir  :  42  -  44  yang artinya , 
“  Apakah yang memasukkan kamu ke dalam neraka Saqar ?  Mereka menjawab , “ Kami dahulu  tiak  termasuk orang – orang yang mengerjakan shalat , dan kami tidak ( pula ) member makan orang miskin  “ .

Dan Allah swt berfirman di dalam QS Al Munafiquun :  9  yang artinya , 
“  Hai orang – orang yang beriman , janganlah harta-hartamu dan anak-anakmu melalaikan kamu dari mengingat Allah . Barangsiapa yang membuat demikian maka mereka itulah orang – orang yang rugi “

Oleh karena itu saudaraku agar kita tidak menjadi orang yang rugi di sisi Allah swt , marilah kita laksanakan shalat wajib yang lima waktu sejak saat ini . 

Lebih baik  terlambat daripada tidak melaksanakan sama sekali. Dan masih beruntung kita diberi hidup oleh Allah, sehingga kita masih ada kesempatan untuk merubah diri ke arah yang lebih baik.

Semoga uraian singkat ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat membuka mata hati kita yang selama ini telah tertutup. Aaaaamiin.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

Wallaahu a’lam bish shawab

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...