Jumat, 29 September 2017

DIALOG RASULULLAH SAW DENGAN ORANG YAHUDI TENTANG SHALAT DAN PUASA.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Bismillaahirrahmaanirrahiin .



Rasulullah menjelaskan tentang masalah shalat yang diwajibkan bagi manusia karena ada seorang Yahudi yang bertanya terhadap beliau tentang masalah shalat .

Setelah mendengarkan penjelasannya , dan orang Yahudi itu langsung membenarkan di setiap pengejalasan beliau.

Dan di akhir penjelasannya orang Yahudi tersebut akhirnya menganut agama Islam dengan mengucapkan dua kaliamat Syahadat .

Orang Yahudi mohon pejelasan Rasulullah tentang shalat wajib yang lima waktu dan juga keistimawaannya .

Nabi saw bersabda,  Shalat Dzuhur dilaksanakan sesuah tergelincir matahari . Dlm shalat Dzuhur semua makhluk Allah bertasbih kepada-Nya .

Nabi saw bersabda,  Shalat Asar yaitu ketika Nabi Adam as memakan buah kuldi .

Shalat Maghrib adalah bertepatan taubat Nabi Adam as diterima oleh Allah . Barangsiap orang yang melaksanakan shalat Maghrib dengan ikhlas dan meminta sesuatu kepada Allah, maka Dia akan mengabulkannya .

Nabi saw bersabda,  Shalat Isya’ adalah shalat yang dikerjakan oleh para Rasul sebelum Nabi Muhammad saw , 

Nabi saw bersabda,  Shalat Subuh adalah karena matahari terbit. Terbitnya di antara dua tanduk syaitan, disitulah sujud tiap orang kafir .

Nabi saw bersabda,   Jagalah waktu – waktu shalat terutama shalat yang pertengahan .

Nabi saw bersabda,   Hikmah shalat Dzuhur . Waktu Dzuhur adalah waktu  Jahanam menyala. Barangsiapa yang mengerjakan shalat Dzuhur maka diharamkan masuk neraka .

Nabi saw bersabda,  Hikmah shalat Asar . Barangsiapa yang melaksanakan shalat Asar maka akan dibebaskan dari segala keburukan .

Nabi saw bersabda,  Hikmah shalat Maghrib . Bertepatan taubat Nabi Adam as diterima Allah . Barangsiapa yang melaksanakan shalat Maghrib  dengan ikhlas dan bertaubat kepada Allah , maka taubatnya diterima olehNya .

Nabi saw bersabda,  Alam kubur itu gelap, Kiamat itu gelap gulita Hikmah shalat Atamah yaitu Isya’ adalah bagi yang berjalan di kegelapan malam  untuk melaksanakan shalat Isya  , maka baginya haram dari api neraka dan dibebaskan dari sifat munafik .

Orang Yahudi bertanya , Mengapa umat Islam diwajibkan berpuasa selama 30 hari / sebulan penuh ?  

Nabi saw bersabda,  Ketika Nabi Adam memakan buah  dari pohon yang dilarang itu , maka makanan itu masuk ke perutnya selama 30 hari tak keluar ( tidak berak / BAB ). Oleh karena itu Allah mewajibkan anak cucu Adam lapar selama sebulan , namun dizinkan untuk makan di malam hari sebagai tanda karunia Allah kepada hamba-Nya.

Orang Yahudi bertanya , Mengapa puasa bulan Ramadhan itu pahalanya langsung Allah yang memutuskannya ?

Nabi saw bersabda,   Karena barangsiapa yang berpuasa selama bulan Ramadhan dengan ikhlas akan diberikan tujuh macam kebaikan yaitu 

1. Melelehkan dagingnya yang haram dari tubuhnya  ; 

2.  Mendekatkan dirinya kepada Allah  ;  

3.  Mendapatkan amal yang baik  ;  

4. Dibebaskan dari rasa lapar dan haus  ; 

5. Mendapatkan keringanan dalam kubur  ;  

6. Mendapatkan cahaya kelak di Hari Kiamat saat melintasi Sirath  ;  

7. Medapatkan kemuliaan di surga .

Orang Yahudi bertanya ,  Mengapa Allah memberikan kelebihan kepada Nabi Muhammad saw dibandingkan dengan rasul-rasul yang lain ?


Nabi saw bersabda,    Semua Rasul punya do’a yang mustajab untuk membinasakan umat yang membangkang perintah Allah . Aku pun punya do’a mustajab tapi tidak diberikan di dunia . Terkabulnya do’aku yaitu kelak di Hari Kiamat sebagai syafaat untuk umatku kelak .

Semua jawaban Rasulullah dibenarkan oleh orang Yahudi tersebut. Dan akhirnya dia masuk Islam dengan membaca syahadat .

Semoga uraian ini bermanfaat untuk kita semua . Insya Allaah . Aaaaamiin.
Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...