Selasa, 05 September 2017

HIKMAH DIBALIK SHALAT

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillahirranmaanirrahiim .




Wahai saudaraku tidak bosan2nya kami menghimbau kepada anda semua khususnya  untuk kami sendiri agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah swt .

Ingat takwa itu merupakan benteng  untuk mejauhi perbuatan yang dilarang dan dimurkai oleh Allah swt.

Selain dari itu kitapun hendaknya banyak mengucap rasa syukur kepada Allah atas segala nikmatNya terutama nikmat taufik , hidayah, maunah serta inayahNya , khususnya adalah nikmat Iman dan Islam

Wahai saudaraku marilah kita senantiasa bersolawat atas junjungan kita nabiyullah Muhammad saw sebagai penghormatan kita kepada beliau .Sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Allah swt dan juga para malaikatNya .

Wahai saudaraku banyak orang yang sudah melaksanakan shalat wajib , namuna tidak semua orang mendapatkan hhikmahnya shalat.

Orang mengaku beragama Islam, shalat dan puasa dikerjakan , akan tetapi korupsi dan manipulasi juga dikerjakan .

Orang shalatnya rajin , puasanya okay , sedekahnya  siip deh , tapi gibah , maksit , dustanya masih dilakukan, lalu kemana hasil shalatnya.

Shalat dikerjakan , tapi maih rajin mentangi kuburan keramat, hanya ingin mendapatkan karamah orang yang diziarahi , lalu makna inna shalaati waunuski wamahyaaya wamamaati lillaahi rabbil’aalamiin nya dikemanakan.

Shalat dikerjakan , namun sayang masih percaya kepada keris, sabuk, tumbak , isim , raja dll masih dipercaya memiliki kekuatan. Iyyaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin dikemanakan ?  Allah swt berfirman  yaitu 

“ Innash shalaata tanhaa ‘anil fahsyaaa  i  wal munkar “  , Yang artinya “ Shalat itu mencegah perbuatan keji dan munkar “  QS Al Ankabuut : 45

Wahai saudaraku bila jiwa shalat sudah mendarah daging , maka segala bentuk kekejian dan kemunkaran tidak akan bisa memperngaruhinya .

Dengan shalat kita selalu diingatkan agar jangan sampai berbuat jahat .

Di dalam shalat itu ada do’a terlengkap yaitu rabbighfirlii = Ya Allah ampunilah aku ; Warhamnii = rahmatilah aku ; Waj burnii = Tutuplah aib dan kelemahan serta kekuranganku ;  Warfa’nii = angkatlah derajatku ;  Warzuqnii = tambahkan aku rezekiMU ; Wah dinii = Beri aku petunjuk  ;  Wa’afinii = Sehatkan aku  ;  Wa’fu’annii = Maafkan kekeliruanku .

Jadi kalau orang tidak mau melaksanakan shalat berarti dia tidak butuh ampunan dan rahmat  Allah , aib dan kekurangan boleh diketahui oleh orang lain ,  tidak butuh rezeki dari Allah , gak apa-apa hidupnya berada dalam kesesatan ;  Merasa dirinya akan sehat selamanya  ;  Merasa dirinya sudah paling benar , akhirnya kesombonganlah yang ditampakkan.

Rasulullah saw bersabda , Awwala maa yuhaasabu bihil ‘abdu yaumal qiyaamatish shalaatu fain shaluhat shaluha lahu saaa i ru ‘amalihi wa in fasadat fasada sa i ru ‘amalihi “  

Yang artinya , “ Amal perbuatan manusia yang pertama kali dihisab besok di Hari Kiamat adalah shalat . Maka bila shalatnya baik , maka akan dianggap baiklah seluruh amalnya . Jika shalatnya rusak , maka rusaklah seluruh amal perbuatannya “  HR Tabrani.

Shalat merupakan kunci kebahagiaan manusia , sejak di dunia hingga di akhirat . Maka berbahagialah bila anda dapat melakukan shalat dengan khusyu’

Barangsiapa yang senantiasa menjaga shalatnya, maka dia berarti menjaga amal perbuatannya .

Barangsiapa yang senantiasa menjaga amal perbuatannya artinya shalatnya diterapkan atau diwujudkan dalam ucap, sikap dan prilaku sehari – hari .

Jaminnan dari Allah bagi yang senantiasa menjaga shalatnya maka sudah disediakan tempat yang  namanya Surga Firdaus.

Semoga uraian ini bisa membuka mata hati kita semua yang selama ini telah tertutup.  Aaaammin
Wallahu ‘alam bish shawab

Subhanakallaahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika .
Barakallaahu fiikum

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...