Selasa, 05 Juni 2018

167 . PILIHLAH PEMIMPIN YANG FAHAM TENTANG AGAMA .


PARA UMAROO [ PEMIMPIN ATAU  PENGUASA ]  WAJIB  DITAATI .


Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Barangsiapa yang tidak suka pada pemimpinnya, maka bersabarlah . Barangsiapa yang keluar dari ketaatan pada pemimpinnya walau hanya sejengkal , maka bila dia mati, yaitu matinya dalam keadaan jahiliyah . 

(HR. Bukhari-Muslim)

Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: 

“Wajib atas seorang muslim untuk mendengar dan taat (kepada penguasa/umaraa’) pada apa-apa yang ia sukai atau ia benci, kecuali apabila penguasa itu menyuruh untuk berbuat kemaksiatan. Apabila ia menyuruh untuk berbuat maksiat, maka tidak boleh mendengar dan tidak boleh taat”


(HR. Bukhari-Muslim)

Melalui kedua Hadist ini Rasulullah menyampaikan pesan kepada manusia pada umumnya dan umat Islam pada khususnya agar mereka mentaati para umaroo atau para pemimpinnya .

Apapun keputusan atau ketetapan yang telah diambil oleh para peimpin itu tidak hanya untuk kepentingan pribadi atau golongannya saja , akan tetapi untuk semuanya .

Dan sudah lumrah di dalam kehidupan ini setiap langkah yang dilakukan oleh kita , tidak semua orang suka, dan juga tidak semua oran membenci. Termasuk juga para pemimpin .

Bagi orang yang mampunya hanya mengoreksi kesalahan para pemimpinnya itu tanpa memberikan solusi terbaiknya , itu hanyalah karena ada rasa penasaran karena dirinya tidak mendapatkan bagian saja.

Tapi saat mereka diberikan kedudukan , kemudian sudah tidak ada suaranya lagi  . Banyak para pejuang yang berjuang demi kepentingan orang banyak lillaah karena Allah .
Namun tidak sedikit manusia berjuang namun dengan cara yang buruk , memfitnah orang lain , menjilat , senyumnya juga penuh senyum kemunafikan , bukan senyuman yang jujur dan tulus .

Coba kita semua renung diri kita ini tinggal di negeri mana .  Negeri ini sudah banyak memberikan segala sesuatu yang kita butuhkan , hasil bumi dan sumber daya alamnya , keselamatannya , perlindungannya , keamanannya . 

Yang mau menikah disediakan Kantor Urusan Agama , yang sakit ada rumah sakit , yang mau bepergian disediakan kendaraan pribadi maupun umum . 

Bila ada kejahatan disediakan Kepolisian untuk melayani kemanan dan ketertiban masyarakat . Untuk kirim berita bisa gunakan telpon atau jasa Kantor Pos , dsb .

Sekarang dari kita sendiri , apa yang sudah kita berikan untuk negri dimana kita tinggal ini . Cinta kita terhadap negri ini seperti apa ? Mana buktinya ?

Jadi bila ada pemimpin itu memerintahkan untuk berbuat keburukan atau maksiat , maka jangan ditaati dan jangan didengar .

Atau jika pemimpinnya akan mendirikan tempat perjudian , itu boleh diingatkan dan anda jangan mengikuti perintahnya .

Bila anda mendukung program yang buruk, maka anda kebaghian dosanya . Dan para pemimpinnya menanggung dosanya sendiri ditambah lagi dosanya para pendukung perbuatannya .

Bila rakyat tidak mematuhi pemimpinnya , kemudian mati mendadak saat itu , maka dia mati dalam keadaan jahiliyah atau kafir .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...