Sabtu, 02 Juni 2018

160 . LAKUKAN KEBAIKAN SEKECIL APAPUN .


JANGAN MENGANGGAP SEPELE KEBAIKAN YANG KECIL .

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim .

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda,

“Sungguh aku telah melihat seorang lelaki mondar-mandir di dalam surga dikarenakan sebuah pohon yang dia tebang dari tengah jalan yang selalu mengganggu manusia”

(HR. Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda,

“Ada seorang lelaki berjalan melewati ranting pohon yang ada di tengah jalan, lalu dia berkata, ‘Demi Allah, sungguh aku akan singkirkan ranting ini dari kaum muslimin agar tidak menganggu mereka.’ Maka dia pun dimasukkan ke dalam surga.”

(HR Muslim)

Melalui Hadist ini Rasulullah saw memberitahukan kepada kita bahwa hendaknya kita beramal itu ditujukan semuanya hanya untuk Allah swt .

Ucapan kita, sikap dan prilaku kita semuanya kita lakukan dengan ikhlas , kemudian kita persembahkan kepada Allah swt.

Mulailah dengan amal yang paling kecil yang nampaknya sepele seperti menyingkirkan paku yang ada di jalan dimana banyak berlalu  lalangnya banyak orang lewat di jalan itu. 

Sehingga dengan menyingkirkan paku tersebut berarti kita telah banyak menyelamatkan banyak orang .

Bukan hanya paku saja , pokonya semua hal yang bisa membuat orang lain celaka , kemudian kita amankan , kita singkirkan, kita jauhkan atau kita buang . Ini juga sama telah menyelamatkan banyak orang .

Atau bila ada orang yang mengajarkan ilmu kepada orang lain dan ternyata ilmu itu sungguh benar – benar menyimpang dari ajaran Allah dan RasulNya, maka kita ingatkan dia. 

Bila dia tidak mau, maka kita ingatkan mereka yang belajar kepadanya agar jangan diteruskan . Ini juga menyelamatkan orang lain .

Semua keburukan yang bisa membuat celaka banyak orang , maka kita wajib mencegahnya sesuai dengan kemampuan kita masing – masing .

Dan bila ini dilakukan oleh kita maka balasan Allah berupa pahala akan berlimpah diberikan kepada kita.

Oleh karena itu berbuat baiklah sejak saat sekarang , paksakan , jangan ditunda- tunda.

Karena kita tidak tahu dai amalan manakah yang bisa menolong kita atas seizin dan rido Allah .

Bila apa yang telah diuraikan di atas dikerjakan oleh kita mudah – mudahan kita menemukan jalan untuk menuju rido Allah  .


Semoga ini bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...