Rabu, 13 Juni 2018

182 . SHALAT UNTUK DIRI SENDIRI BUKAN UNTUK ALLAH

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Rasulullah saw  bersabda :

فَإِنْ هُوَ قَامَ فَصَلَّى فَحَمِدَ اللَّهَ وَأَثْنَى عَلَيْهِ وَمَجَّدَهُ بِالَّذِي هُوَ لَهُ أَهْلٌ وَفَرَّغَ قَلْبَهُ لِلَّهِ إِلَّا انْصَرَفَ مِنْ خَطِيئَتِهِ كَهَيْئَتِهِ يَوْمَ وَلَدَتْهُ أُمُّهُ


"Apabila dia berdiri untuk mengerjakan shalat, 
kemudian memuji dan mengagungkan Allah 
dengan pujian yang pantas bagi Allah, 
dia mengkhusyu’kan hatinya untuk Allah, 
kecuali dia berpisah dengan kesalahannya 
sebagaimana keadaannya pada hari dilahirkan oleh ibunya."

(HR Muslim)

Karena kita akan melaksanakan shalat , dan shalat itu menghadap Allah swt , maka segala sesuatunya harus bersih dari najis .

Pelaksanaannya harus tertib dan teratur serta tartil , tidak ingin segera selesai . Anggap saja kita sedang menikmati makanan yang masakannya lezat .

Nikmatilah sahat dengan tenang seperti kita sedang meikmati makanan . Bila kita memakanan makanan yang masakannya lezat , kalu dimakannya tergesa – gesa juga tidak akan nikmat .

Sebelum shalat berwudhulah dengan baik dan benar , jangan asal berwudhu saja tanpa memperhatikan syarat dan rukum wudhunya , yang menyebabkan cacat wudhu .

Bila berwudhunya saja sudah cacat , maka pelaksanaan shalatnyapun akan cacat , alias kurang sempurna .  

Maaf jangan menggunakan pakaian hasil dari hal yang buruk , misanya dusta ., karena menyebabkan tetolaknya amal shalat kita .

Usahakan perut pun  jangan dimasuki dengan makanan yang haram . Ini bisa membuat sulitnya terkabulnya do’a kita oleh Allah swt .

Bila shalat kita sudah sesuai dengan kehendak Allah dan RasulNya , maka isi daripada Hadist Rasulullah saw ini bisa dijamin kebenarannya .

Jadi bukan Hadistnya yang kurang meyakinkan , namun dari diri kitalah yang masih banyak melakukan dosa dan kesalahan .

Itulah mengapa setiap manusia diwajibkan melaksanakan shalat . Tujuannya agar dirinya dibersihkan lahir bathin melalui shalat dari waktu ke waktu .

Lahirnya dibersihkan dengan air wudhu sedangkan batinnya dibersihkan dengan bacaan - bacaan shalat .

Semoga ini bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...