Sabtu, 23 Februari 2019

427 . PERPECAHAN AWAL DARI KEBURUKAN

Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Wahai saudaraku  berselisihnya seorang muslim dengan muslim lainnya mengakibatkan jauhnya rahmat Allah. 

Cobalah belajar dari Alah swt , Dia tidak pernah membenci orang – orang yang mengingakri-Nya, tidak percaya kepada-Nya, memusuhi-Nya , menghina-Nya, tiak mengakui-Nya.

Semuanya tetap diberikan rezeki, diberikan keselamatan, perlindungan kebahagiaan atau sebaiknya . Namun hanya berkah-Nya sja sudah dicabut .

Di dunia Allah tidak akan bertanya itu dan ini, Allah swt tetap melayani semuanya dngan baik .

Akan tetapi bila sudah di akhirat, barulah Allah akan brtanya tentang semua yang sudah diberikan kepada setiap makhluk-Nya , termasuk kepada kita semua.

Di dunia kita masih bisa lolos, masih dipuji, dhormati , disanjung oleh banyak orang , tapi di akhirat semua amalnya akan diperlihatkan semuanya dari yang terkecil hingga yang terbesar, termasuk yang tidak Nampak , tidak ada yang terlewatkan sedikitpun .

Dan walaupun kita sudah menyesali diri, menangis sampai keluar air mata darah , tetap saja sudah tidak ada perbuatan .

Yang sudah berimanpun minta kebali ke dunia untuk meningkatkan kualitas ibadahnya agar bisa mendapatkan yang lebih baik dari apa yang telah diterimanya saat ini. Tetap saja sudah tidak bisa. Yang ada juga sama hanya ada rasa sesal.

 Allah swt berfirman di dalam QS Al Hujurat [ 49 ] :  11 yaitu  ;

يَاأَيُّهَاالَّذِينَآمَنُوالَايَسْخَرْقَوْمٌمِّنقَوْمٍعَسَىٰأَنيَكُونُواخَيْرًامِّنْهُمْوَلَانِسَاءٌمِّننِّسَاءٍعَسَىٰأَنيَكُنَّخَيْرًامِّنْهُنَّۖوَلَاتَلْمِزُواأَنفُسَكُمْوَلَاتَنَابَزُوابِالْأَلْقَابِۖبِئْسَالِاسْمُالْفُسُوقُبَعْدَالْإِيمَانِۚوَمَنلَّمْيَتُبْفَأُولَٰئِكَهُمُالظَّالِمُونَ
 
Yang artinya adalah  ,

“ Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik. Dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelaran yang mengandung ejekan.  Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yang buruk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim” . 
 
QS. AL-Al-Hujarat [49]  :  11 .

Wahai saudaraku ayat ini menjelaskan tentang  toleransi dan saling menghormati betul-betul dijunjung  tinggi . 

Panggillah dengan nama dengan panggilan yang ia sukai. Jauhkan untuk mengejek dan menganggap rendah muslim lainnya. 

Belum tentu yang diejek dan direndahkan lebih buruk.  Anjuran ini lengkap baik kepada laki-laki maupun perempuan .

Semoga uraian ini  bermanfaat untuk kita semua. Insya Allah . Aaaaamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...