Sabtu, 09 Maret 2019

442 . MENJAGA KEIKHLASAN

Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Wahai saudaraku ketahuilah bahwa amal yang diterima oleh Allah hanyalah amal yang ikhlas, yaitu murni hanya untuk Allah dank arena Allah.

Rasulullah Saw. bersabda, 

“Ingatlah bahwa dalam tubuh ada segumpal daging, jika baik maka seluruh tubuhnya baik, dan jika buruk maka seluruhnya buruk. Ingatlah bahwa segumpal daging itu adalah hati.”

(Muttafaqun ‘alaihi)

Sungguh berbahagialah orang-orang yang diberi kenikmatan tidak ingin dipuji dan tidak mencari penghormatan dari orang lain.  

Salah satu ciri seseorang yang ikhlas adalah jarang kecewa terhadap makhluk, karena yang diharapkannya hanyalah penilaian dan keridhoan Allah Swt.
 
Lalu apa ciri seseorang yang banyak kecewa terhadap makhluk  ? Yaitu ia banyak berharap dan bergantung kepada makhluk.

Orang yang ikhlas adalah orang yang senantiasa hanya menjadikan Allah Swt. sebagai tujuan dari setiap amal perbuatannya. 

Ia tidak berharap amalnya dilihat, diketahui atau didengar oleh makhluk. Andaikan terlihat, terdengar dan diketahui oleh makhluk, maka itu tak menggoyahkan hatinya untuk tetap terpaut kepada Alloh semata. 

Orang yang ikhlas akan tetap bersungguh-sungguh dalam beramal, tidak terpengaruh apakah ia sedang sendirian ataukah sedang berada di keramaian.

Semoga uraian ini  bermanfaat untuk kita semua. Insya Allah . Aaaaamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...