Senin, 25 Maret 2019

453 . BAGAIMANAKAH CARA MENCAPAI DERAJAT KETAKWAAN ?

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Pencapaian takwa yang benar itu memang lebih susah untuk diperoleh . Ini memerlukan latihan sejak kecil, dan butuh disiplin yang tinggi  serta pelaksanaannya harus kontinyu [ istiqomah ] .

Ingin merasa takut kepada Allah saja agar bisa menyentuh batin itu susah banget . Hal itu membutuhkan rasa yang tinggi lagi peka .. 

Batin ingin mencintai Allah saja itu sulit banget, butuh wawasan yang luas , pemahaman yang luas tentang Allah . Mencintai anak istri dan harta benda justru sangat mudah sekali .

Saking mudahnya sampai kebablasan. Kenapa ? Kita lebih mencintai anak istri dan harta benda daripada ke Allah. Apakah itu benar ?

Coba renungkan sejenak, bila istri dan anak minta itu dan ini, maka segera diusahakan agar mereka senang.  

Bahkan karena cintanya banget sekali, keadaan sedang kepepet, maka jalan  yang keluar dari syariat agama pun dijalaninya . Betul apa betul ?

Coba sekarang bagaimana sikap kita terhadap Allah . Untuk melaksanakan solat saja , kalau tidak memaksakan diri inginnya ditunda – tunda.

Terkadang solat dilaksanakan namun dalam hati inginnya segera selesai , tidak mau berlama – lama berkomunikasi dengan Allah swt.

Bahkan masih banyak di antara kita semua solat bisa, bacaannya apal, tapi arti bacaan solat sejak takbirotul ikhrom sampai salam itu tidak tahu .

Lalu bagaimana solat bisa dihayatinya , bagaimana hati bisa tersentuh saat membacakan ayat – ayat Allah swt .

Itulah makanya saat solat masih banyak diantara kita selagi melaksanakan solat, lahir menghadap kiblt , menghadap Allah , tapi batinnya entah kemana, akal fikirannya entah kemana .

Padahal Allah saat itu ada di depan kita sedang mendengarkan bacaan kita. Namun karena hanya hafal lisan, akhirnya solatnya juga jadi berantakan .

Apalagi sampai solatnya itu bisa menggetarkan hati dan jiwa, ini lebih sulit lagi .

Tapi percayalah dengan latihan yang sungguh – sungguh dan yakin maka hal itu bisa dicapai, dan tentunya atas kehendak Allah swt .

Tapi Allah tidak marah dengan hal tersebut, paling juga senyum – senyum , lisanmu membaca “ Sesungguhnya solatku, ibadahku, hidupku dan matiku, hanya untuk Allah yang menguasai alam semesta "

Tapi hati kecilnya cepetan solatnya jangan terlalu lama

Untuk bersedekah saja , mengeluarkan uang lima ribu rupian saja kayanya sudah besar banget . Tapi giliran beli Quota untuk internet  Rp. 50 rb itu gampang banget, bahkan hati merasa senang, karena bisa berlama – lama bermain di dunia maya . 

Semoga uraian ini bermanfaat untuk kita semuanya. insya Allah.

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...