Kamis, 14 Maret 2019

447 . BELAJAR DARI SIKAP ORANG LAIN

 Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Wahai saudaraku janganlah menanggap bahwa semua kejadian di alam semesta ini terjadi begitu saja, tanpa ada yang mengaturnya.

Apa yang terlihat oleh kita , apa yang erengar oeh kita dan apa yang bisa dirasakan oleh kita semuanya adalah pembelajaran untuk kita semuanya .

Bila kita tidak ada reaksi dengan apa yang kita andang, yang kita dengar dan yang kita rasakan hati hati, ini adalah merupakan tanda matinya hati .

Alah swt menjadikan kita hidupsengsara dan menderita itu bukan berarti Allah sedang menyiksa kita tapi sedang mendidik jiwa kita agar menjadi kuat .

Dan Allah juga sedang mendidik kita agar kita memiliki keyakinan yang kuat dalam diri kita dan keyakinan kepada Allah semata.

Semua itu sesungguhnya adalah perbuatan Allah swt.  Semua itu atas gerak irodat Allah swt. Jangan merasa bahwa semua itu adalah hasil kerja sendiri.

Allah  Swt. berfirman  yaitu  ,


“ Fa’tabiruu yaa ulil abshoori “


Yang artinya adalah  ,


Maka ambillah (kejadian itu) untuk menjadi pelajaran, hai orang-orang yang mempunyai pandangan. 


(QS. Al-Hasyr [59]: 2)

Saudaraku, setiap kesempatan berbuat baik janganlah disia siakan, karena ladang amal yang terlihat itu semuanya hadir atas izin Allah  Swt. 

Bila ada kebaikan dan memang itu adakan kebaikan , kemudian kita masih berdiam diri saja artinya kita beum dapat hidayah dari Allah swt .

Allah  swt yang mempertemukan kita dengan berbagai kesempatan amal kebaikan.
Maka wujud rasa syukur kita adalah dengan mengambil kesempatan itu dengan antusias.

Kita perlu terus-menerus menafakuri kejadian apapun yang terlihat dan terasa serta terdengar kerena semua terjadi dengan ijin Allah  dan pasti tak ada yang kebetulan serta sia sia. 

Semua ada hikmah dan pelajaran berharga bagi yang mau menafakurinya.

Semoga uraian ini  bermanfaat untuk kita semua. Insya Allah . Aaaaamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...