Kamis, 05 April 2018

56 . JANGAN MENJADI PENGEMIS .

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَسْأَلُ النَّاسَ حَتَّى يَأْتِىَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ لَيْسَ فِى وَجْهِهِ مُزْعَةُ لَحْمٍ
.
“Jika seseorang meminta-minta (mengemis) pada manusia, ia akan datang pada hari kiamat tanpa memiliki sekerat daging di wajahnya.” 


HR. Bukhari, no. 1474; Muslim, no. 1040.

Wahai saudaraku sesulit apapun mencari kerjaan itu pasti ada pekerjaan , bukannya tidak ada pekerjaan .

 Sulitnya cari pekerjaan itu karena pekerjaan yang diharapkan bisa sesuai dengan selera hatinya .

Apalagi kalau sudah ditawari kerjaan belum juga kerja sudah bertanya seandainya aku kerja disitu , berapa gajihnya .

Gajih atau upah itu disesuaikan dengan standar pendidikannya dan kualitas kemapuannya , dedikasinya dan empatinya di tempat dimana dia kerja.

Maka sampai kapanpun tidak akan dapat kerjaan . Selain itu ditutup oleh egonya yang tinggi .

Masa saya seorang sarjana kerjaannya seperti itu , kaya nggak ada harganya pendidikan . 

Kalau emang harus kerja seperti itu, lalu ngapain sampai acpek – capek kuliah . Ini juga penyakit.

Akan tetapi karena sudah cari kerjaan kesana kemari tidak mendapatkan , sedangkan perut tidak bisa diajak lapar , maka dengan terpaksa cari peluang yang mudah , yang tidak butuh modal yaitu jadilah pengemis.

Pengemis ini ada pengemis asli dan pengemis intelek . Pengemi asli yang sering berkeliaran di jalanan . kalau pengemis intelah memanfaatkan kedudukannya .

Anda bisa diterima kerja di perusahaan ini tapi ada syaratnya , disamping syarat tertulis , juga ada yang tidak tertulis anda harus ediakan uang .

Orang mau kerja itu jutsru butuh uang , kok malah dimintai uang . Mintanya ngak tanggung – tanggung bukan satu datau dua juta, bahkan sampai puuhan juta .

Bila diselidiki pasti tidak akan ketemu kecuali bila tertangkap tangan , karena saat transaksi tidak ada tanda terima berupa kwitansi. Wah kalau untuk yang nggak benar pinter – pinter deh .

Jadi bila ada pemberitahuan lowongan kerja , formalitas kebutuhan sudah di booking semua, dan yang diamblil adalah yang isi amplopnya tebal, biarin walaupun SDM nya tidak sesuai dengan keahlian yang dibutuhkan di perusahaan, yang penting amplop pelicinnya. 

Sebab kalau sudah masuk, ternyata tidak mampu menunjukkan ketrampilannya  maka akan dikeluarkan , itu urusan sendiri. Sungguh ini penipuan yang amat halus, kezaliman yang amat luar biasa.

Tapi anehnya masyarakat justru mundukungnya , sehingga membuka peluang kepada mereka yang punya kedudukan untuk berbuat kejahatan . na’udzubillaahi min dzaalik .

Tapi bila manusia mengetahui pesan nabi saw melalui hadist ini , sungguh mengerikan sekali . Hanya orang – orang yang telah mendapatkan hidayah saja yang mau mengikuti jejak Nabi saw.

Semoga bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...