Kamis, 19 Oktober 2017

AMAR MA'RUF dan NAHI MUNKAR

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Bismillaahirrahmaanirrahiim


Image result for amar ma'ruf nahi munkar arab


Wahai Saudaraku telah kita ketahui bersama,perkembangan IPTEK sudah tidak bisa disangkal lagi. 

Namun pekembangan IMTAQ semakin merosot. Bukan hanya dikalangan anak-anak saja , sapai pada para  pemain elite politikpun moralnya banyak yang sudah jatuh.

Bila tidak tertangkap mereka bergerak bebas leluasa. Namun bila tertangkap akhirnya yang terjerat saling lempar, semua jawabannya gak tahu , dan menyangkalbahwa dirinya merasa benar. Namun pada akhirnya tetap saja keputusan hakim memasukkannya ke LAPAS.

Kemaksiatan semakin terang-trangan. Kemungkaran terjadi dimana-mana . Kejahatan dan perzinahan beritanya hapin setiap hari ada. Sungguh tidak adarasamalu lagi untuk melakukan itu semua.

Keimanan dan kepercayaan terhadap Allah sudah mulai pudar ., akibat terbius oleh godaan duniawi .

Budi pekerti yang luhur sudah mulai berantakan  dan berubah menjadi perbuatan yang menjijikkan.

Amalan – amalan yang baik sudah tidak diutamakan, tapi yang aneh perbuatan yang jelek malah menjadi kebanggaan. Yang tertangkap karena korupsi , manipulasi, malah tertawa – tawa.

Semua itu terjadi karena yang memerintah bukan agama lagi tapi hawa nafsunya sendiri . Sedangkan hawa nafsunya sudah dikasai oleh syaitan terlaknat .

Disinilah tugas orang yang beriman untuk melaksanakan amar ma’ruf dan nahi munkar . Tugasnya hanya menyampaikan, menyadarkan, dan mengajak  . Urusan selanjutnya serahkan kepada Allah swt.

Allah swt berfirman di dalam QS Ali Imran [ 3 ]  : 10 yaitu

“ Kuntum khairaummati ukhrijat linnaasi ta’muruuna bil ma’ruufi way an hauna ‘anil munkar  wa tu’minuuna billaah “

Yang artinya , “Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar  dan beriman kepada Allah “  QS 3 : 110 .

Rasulullah saw bersabda, “ Perintahkan olehmu kebaikan meskipun kamu tidak melaksanakan ( yang engkau perintahkan ) . Cegahlah olehmu meskipuntidak menjauhi keseluruhan “.  HR. Tabrani

Wahai saudaraku kejahatan yang terjadi di muka bumi ini sebenarnya merupakan lahan ibadah untuk mereka yang beriman .

Sebaiknya yang beriman itu memberikan contoh terlebih dahulu untuk banyak berbuat kebaikan , bukan hanya sekedar bicara. Kalau berbicara banyak anak2 juga yang pandai bicara, karena banyak membaca.

Agama itu untuk diamalkan, bukan untuk menjatuhkan, menyalahkan orang lain, apalagi sampai menghakimi orang lain , juga untuk ajang perdebatan , yang ini merasa benar, yang itupun merasa benar.

Hanya karena harga diri akhirnya karena merasa ilmunya tinggi lalu timbullah kesombongannya . 

Apabila yang beragama saja lisan, sikap dan prilakunya seperti ini.Lalu bagaimana mereka yang buta 
akan agama.

Oleh karena itu saudaraku marilah sejak saat ini kita lakukan amar ma’ruf dan nahi munkar sesuai dengan kemampuan kita masing-masing. Mulailah dari keluarga kita sendiri, kemudian melebar 
kepada para tetangga di sekitar kita , rekan-rekan dan sahabat kita, temen sekerja kita dll.

Dengan melaksanakan amar ma’ruf dan nahi munkar ini adalah sebagai bukti ketaatan dan kecintaan kita terhadap Allah swt .

Ingat hanya dari yang benarlah akan terpancar akhlak yang baik. Dari akhlak yang baik akan membuahkan perbuatan yang saleh .

Semoga uraian singkat ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat membuka mata hati kita yang selama ini telah tertutup. Aaaaamiin.

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu an laa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika


Wallaahu a’lam bish shawab

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...