Selasa, 31 Oktober 2017

USIA BERTAMBAH UMUR BERKURANG

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.




Wahai saudaraku  hidup yang kita jalani ini jangan dianggap biasa – biasa saja , siang berubah jadi malam, dan malampun berubah menjadi siang , matahari muncul di siang hari di timur dan terbenam di barat , sementara itu bulan munculnya di malam hari dari barat ke timur.
Perhatikan munculnya bulan bila tanggalnya kecil bulan kecil semakin membesar dan pada setiap tanggal 15 bulan cahayanya penuh yakni bulan purnama . kemudian mulai mengecil lagi sampai akhirnya lenyap .
Bintang – bintangpun bertaburan dengan beraneka warna warni cahayanya , ada yang bergerak dan ada pula yang diam .
Sungguh semua itu adalah kenikmatan dari Allah . Belum kenikmatan yang ada pada diri kita , mata bisa melihat , telinga bisa mendengar, mulut bisa bicara , lidah bisa merasa, tangan bisa berbuat , kaki bisa melangkah , kemanapun pergi selalu selamat , sehat dsb . Itu juga nikmat dari Allah swt .
Wahai saudaraku bisakah anda menghitung nimat – nikmat Allah ?  Sungguh setinggi apapun ilmunya , sepandari apapun manusia , tidak ada yang mampu mengitung nikmat – nikmat Allah swt .
“ Wa in ta’udduu ni’matallaahi laa tuhshuuhaa , innallaaha laghafuururrahiimun “ 
Yang artinya  “ Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang “ .
Wahai saudaraku selain nikmat – nikmat yang telah disebutkan tadi masih ada lagi nikmat yang lain yaitu umur .
Ingat  bila usia bertambah maka umur berkurang . Bila umur berkurang maka kesempatan hidup di dunia pun semakin berkurang .
Semakin bersambahnya usia, umur semakin berkurang, maka kita semua semakin mendekati ajal . Untuk itu selagi masih diberi hidup oleh Allah , maka manfaatkan dengan sebaik – baiknya .
Semakin bertambahnya usia, maka semakin lemah pula tubuh kita , dan semakin berkuranglah kenikmatan kita . Maka sabarnyapun harus semakin ditingkatkan .
Rasulullah saw bersabda , “ Sebaik – baik manusia adalah orang yang diberi panjang umur , semaki bertambah pula kebaikannya . Dan sejahat – jahatnya manusia  adalah semakin panjang umurnya  semakin banyak pula maksiat dan dosanya “  HR  Ahmad .
Rasulullah saw bersabda  , “  Barangsiapa yang sudah masuk usia empat puluh tahun tapi kebaikannya masih belum dapat mengalahkan kejahatannya , maka lemparkan saja ke dalam api neraka tempatnya mereka “
Rasulullah saw bersabda , di Hari Kiamat , seseorang tidak bisa melangkahkan kakinya sebelum menjawan empat pertanyaan yang akan diajukan oleh Allah swt yaitu  : Umurnya dihabiskan untuk apa ?

Jasadnya di pakai  untuk  apa ?   Ilmunya diamalkan untuk apa  ?   Hartanya diperoleh dengan jalan apa  ?  Dan dibelanjakan untuk apa ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...