Sabtu, 28 Oktober 2017

H I K M A H M A L U

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Bismillaahirrahmaanirrahiim.




Wahai saudaraku berbahagialah bila anda sampai saat ini memiliki rasa malu . Malu itu terbagi menjadi tuga yaiotu malu terhadap diri sendiri , malu bterhadap Allah dan malu terhadap sema manusia .
Malu terhadap diri sendiri contohnya , bila aka melakukan kejahatan , merasa malu kepada yang telah menciptakannya . Karena apa yang dititipkan , seluruh anggota tubuh itu bukan untuk berbuat jahat tapi untuk berbuat kebaikan .
Malu pada Allah swt yaitu bila akan berbuat yang menjadi larangan Allah, maka segera membatalkannya , karena takut kepada Allah akan teguran-Nya .
Malu kepadasesama manusia adalah bila hidupnya menyombongkan diri, berbuat fitnah , kikir . Karena dirinya ingat bahwa hidup itu pasti akan membutuhkan bantuan orang lain. Untuk itu harus banuakberbuat baik terhadap orang lain .
Orang yang punya rasa malu pasti akan bisa menahan diri dari segala perbuatan yang bisa mengganggu orang lain . Walaupun hanya sekedar kata – kata .
Semakin besar rasa malunya , maka semakin sempurna pula imannya . Semakin besar rasa malunya semakin baik pula perbuatannya .
Orang yang pemalu seperti ini biasanya akan banyak teman – temannya . Karena sikapnya membuat orang lain banyak yang simpatik .
Nabi Muhammad saw adalah orang yang tinggi perangainya , paling baik akhlaknya , nilai ketaatannya terhadap Allah swt tak ada yang mampu menandinginya.
Bukan hanya terhadap Allah , tapi juga terhadap sesame manusia didalam hidup bermasyarakat  , beliau selalu banyak menahan diri dari segala larangan-Nya .
Menurut Sai al Kudhri ra Rasulullah saw lebih pemalu dari gadis dalam pingitan . Dan bila ada hal yang tidak disukainya , kami dapat mengenal wajahnya .  HR  Bukhari & Muslim
Rasa malu memang sangat besar pengaruhnya terhadap pribadi seseorang didalam menyikapi perbuatan maksiat atau bila akan melanggar perbuatan yang dilarang Allah .
Oleh karena terapkanlah sikap malu kemanapun anda pergi dan dimanapun anda berada .

Orang yang tidak punya rasa malu maka pasti berakhlak rendah . Orang yang tidak punya rasa malu maka akan sulit mengendalikan hawa nafsunya sendiri .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...