Senin, 30 April 2018

94 . ALLAH MENJAMIN MANUSIA DENGAN KASIH SAYANGNYA .


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim .

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ صَلَّى صَلَاةَ الصُّبْحِ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ فَلَا يَطْلُبَنَّكُمْ اللَّهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ فَإِنَّهُ مَنْ يَطْلُبْهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ يُدْرِكْهُ ثُمَّ يَكُبَّهُ عَلَى وَجْهِهِ فِي نَارِ جَهَنَّمَ

“Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.”

(HR. Muslim no. 163)

Melalui Hadist ini Rasulullah memberitahukan kepada kita semua bahwa shalat Subuh itu adalah waktu yang istimewa sekali .

Kenapa ? Karena waktu Subuh itu sangat enak – enaknya tidur nyenyak .  Sungguh godaan di waktu Subuh itu sangat luar biasa.

Hanya orang – orang telah memiliki keimanan yang tinggi saja yang mampu melakukan shalat Subuh secara berjama’ah di Masjid.

Untuk itu untuk melihat seberapa banyak orang Islam di negeri ini maka tengoklah saat mereka menunaikan ibadah shalat Idul Fitri dan idul Adha .

Tapi bila anda ingin menengok siapa saja oarang yang beriman itu, maka tengoklah masjid, -masjid, tajug, surau, langgar, dan mushola. Ada berapa banyak yang shalat berjamaah disana .

Bila Allah umumkan hikmah daripada shalat Subuh , maka pasti orang yang tidak bisa berjalan ke amsjid, maka akan dilakukannya dengan cara merangkak .

Orang yang istiqamah melaksanakan shalat Subuh maka mereka berada dalam jaminan Allah .

Artinya segala kebutuhannya , keselamatannya, perlindungannya , semuanya djamin oleh Allah , diperhatikan oleh Allah swt.

Oleh karena itu janganlah kita banyak menuntut kepada Allah . Apakah kita sanggup mempertanggung jawabkannya di hadapanNya kelak ?

Allah bukannya tidak mau memberi kita banyak – banyak karunia , namun akan disesuaikan kesanggupan kita mengelola karunia tersebut .

Baru juga diberi karunia sedikit sudah banyak yang lalai dan lupa kepada Allah , apalagi bila diberi banyak. Pasti akan semakijn jauh dariNya.

Jangan mudah bersumpah mengatas namakan Allah hanya ingin mendapatkan sesuatu. Karena bila dikabulkan maka kelak di akhirat Allah akan menuntut karena perbuatannya itu .

Semoga ini bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...