Senin, 02 April 2018

44 . DIAM ADALAH AKHLAK MULIA .


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Rasulullah saw bersabda , 

“  Diam itu adalah tuannya akhlaq mulia dan siapa yang bercanda maka dia akan diremehkan “  

HR Ad-Dailami

Wahai saudaraku bila anda bertemu dengan orang yang banyak diam itu jangan langsung anda menuduh bahwa dia itu orang sombong . Karena dia enggan berbicara dengan anda .

Perhatikan baik – baik saat dia itu bicara isinya apa , kalau banyak yang bermanfaatnya , maka dia itu sungguh berakhlak mulia.

Dia tidak mau berbicara yang tidak bermanfaat . Jadi bila dia bersama anda , kemudian  anda banyak bicara , dia lebih senang menjadi pendengar setia , tapi tidak meninggalkan anda, agar anda tidak tersinggung .  Namun dia masih bersama anda. 

Dan dia baru bicara bila memang itu diperlukan . Kalau tidak paling juga dia hanya mesem saja, atau menganggukan kepalanya tanda setuju , padahal hati kecilnya menolak ucapan anda.

Hindarilah berbicara yang tidak perlu , biasanya dalam bentuk canda. Karena bercanda itu pasti akan lebih banyak bicara dustanya daripada benarnya .

Semoga saja kita sejak saat ini sudah muali mengendalikan bicaranya yaitu lebih baik diam daripada berbicara yang tidak ada manfaatnya .

Semoga bermanfaat 

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...