Rabu, 18 April 2018

75 . JAGALAH LISAN KITA .


Assalamu'alaikum warahmatullaahu wabarakaatuh .
BIsmillaahirrahmaanirrahiim.

Rasulullah Saw bersabda,

”Sesungguhnya, orang yang paling banyak dosanya pada Hari Kiamat kelak adalah yang paling banyak bicara hal yang sia-sia.”

HR. Ibnu Nashir .

Wahai saudaraku berbicara itu memang sangat mudah . Banyak orang yang pandainya berbicara saja . Tapi bila diminta untuk membuktikan ucapannya itu dia malah bingung . 
Lihat saja orang – orang yang banyak berbicara , pada umumnya kerja nyata mereka hampir tidak ada .  

Mereka bisanya hanya berbicara hebat , hanya duduk manis di belakang meja , tidak pernah terjun ke lapangan . 

Karena sesungguhnya teori yang muluk – muluk itu akan  susah dilaksanakan saat diaplikasikan di lapangan . 

Bagi anda yang kerjaannya tukang bikin proposal akan faham benar dengan uraian ini. Karena proposal itu sebenarnya rencana program yang diusulkan untuk disetujui pelaksanaannya . 

Tapi kenapa sangat sulit direalisasinya ? karena yang menerima usulan itupun meminta jatah atau bagian, karena mereka merasa telah bekerja. 

Padahal mereka sudah mendapatkan gajih dari pemerintah. Lalu gajihnya itu dianggap apa ? Apakah dianggap hasil sampingan atau tambahan . 

Yang bikin proposalpun butuh dana untuk berfikirnya , kertasnya dan kebutuhan akomodasi lainnya . Akhirnya  setelah deal , dana yang dianggarkan akan susut . 

Sedangkan kebutuhan material di luar sudah pada naik. Lalu pelaksanaannya bagaimana  ? Pasti hanya asal – asalan saja. Kualitasnya menurun, disinilah peran dusta dikedepankan .

Jadi pantaslah bila Rasulullah saw memperingatkan melalui Hadist ini agar kita jangan berbicara atau membicarakana hal yang tidak bermanfaat , yang akan mencekakan diri kita . 

Bila kita sudah tahu akan celaka , maka serahkan saja kepada yang lain, kalau pelaksanaannya itu tidak jujur.  Kalau pertanggung jawabannya itu akan dipenuhi dengan dusta .

Itu bukan di kepemerintahan saja, sampai di perdaganganpun sama , di pertanian bermainnya di obat – obatan. Hampir di semua sektor dipenuhi dengan dusta.

Bila sudah diberitahukan begini , untuk selanjutnya adalah terserah anda, mau diteruskan di jalan sesat atau tinggalkan masalah itu , serahkan saja kepada yang lain .

Kalau anda takut dipecat , dikeluarkan , diturunkan , dimutasikan , artinya iman anda masih tipis, masih belum yakin bahwa yang mengatur rezeki itu adalah Allah swt .

Semoga ini bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...