Rabu, 04 April 2018

54 . AKHLAK DALAM ISLAM .


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Rasulullah Saw bersabda,

”Seorang mukmin bukanlah pengumpat, pengutuk, berkata keji atau berkata busuk.”

HR. Bukhari dan Al-Hakim .

Wahai saudaraku bila kita mengaku bahwa kita orang beriman maka kita harus menghindari kata – kata yang membuat orang lain sakit hati, atau hatinya menjadi terluka.

Bila kita mengaku bahwa kita orang yang beriman maka harus senantiasa menjaga dan memelihara lisan kita .

Semarah apapun terhadap orang lain , hindarilah kata – kata yang merupakan umpatan , hujatan , hinaan , celaan dan sejenisnya.

Bila hal itu dilakukan maka kita sudah bukan lagi menjadi orang yang beriman, akan tetapi yang terjadi adalah sebaliknya .

Janganlah berkata keji yang bisa membuat orang lain merasa tersakiti, atau bisa jadi menjatuhkan harkat dan martabatnya di mata mereka .

Dengan berkata keji artinya kita telah menzalimi dirinya. Bila kita telah menzaliminya maka saja kita telah menzalimi diri sendiri , dan kita termasuk orang yang zalim .

Dengan menjaga lisan artinya kita senantiasa menghindari kata – kata buruk , apalagi sampai kata – kata binatang keluar dari mulut kita, maka itu sungguh sudah sangat merendahkan orang lain.

Oleh karena itu marilah sejak saat ini kita senantiasa menjaga dan memelihara lisan kita untuk tidak berkata yang sia – sia.

Daripada kita harus berbicara yang sia –sia , maka lebih baik berdiam diri . Soalnya bila memaksakan berbicara maka akhirnya kita juga ikut terbawa berdosa.

Atau lebih baik lagi bila kita meninggalkan tempat tersebut . Atau seandainya kita masih berada disitu, lebih baik di hati kita membaca istighar terus tanpa berhenti.

Dengan beristighfar artinya kita menolak ucapan mereka, menutup telinga dari ucapan mereka , sehingga hati kita senantiasa terjaga dari hal – hal yang akan merugikan diri kita sendiri .

Ingat baik - baik dengan kata - kata yang kotor itu maka keimanan dan keIslaman kita akan menjadi rusak, maka semua amal kitapun akan menjadi rusak . 

Dan kita termasuk golongan orang - orang yang merugi di mata Allah , walaupun di mata manusia itu sangat menguntungkan . Jadi hal ini jangan sampai terjadi .

Semoga ini bermanfaat .

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...