Jumat, 06 April 2018

57. BERHENTILAH MENJADI PENGEMIS.


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Dari Hubsyi bin Junadah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
.
مَنْ سَأَلَ مِنْ غَيْرِ فَقْرٍ فَكَأَنَّمَا يَأْكُلُ الْجَمْرَ

.
“Barangsiapa meminta-minta padahal dirinya tidaklah fakir, maka ia seakan-akan memakan bara api.”


HR. Ahmad 4: 165.


Melalui Hadist ini Rasulullah saw berpesan kepada kita semua yaitu sesulit apapun cari kerjaan janganlah jadi peminta – minta . Sebab meminta – minta itu adalah suatu pekerjaan yang hina.

Bila memang keadaan terpaksa harus meminta – minta karena berbagai cara sudah ditempuh , semua jalan sudah dilalui namun masih juga belum dapat kerjaan , maka itu lain persoalannya .

Yang parah itu bila para pejabat yang menyalah gunakan wewenangnya . Para penguasa menyalah gunakan kekuasaannya hanya untuk meraih duniawi selagi masih bisa dan ada peluangnya , Urusan halal dan haram itu urusan belakangan , yang penting dapat uang .

Sekarang uang hasil dari suap bila diberikan ke keluarga maka itu uang haram, bila dibelanjakan makanan dan minuman , maka semuanya haram, dimakan juga haram .

Bila terpaksa dimakan maka akan berubah menjadi sel – sel darah dan beredar ke seluruh tubuh dan bermuara di hati. Itu merupakan suatu noda titik hitam.

Karena terlalu banyak dan sering lama kelamaan hatinya akan menjadi hitam , gelap gulita.

Bila hati sudah gelap , maka pasti akan sulit menerima cahaya keimanan . Bila cahaya keimanan sudah tidak masuk ke hati, maka jelas tidak akan bisa membedakan mana baik, mana buruk , mana halal, mana haram , mana yang membahagiakan , mana yang mencelakakan . 

Disinilah syaitan berperan , mendorong agar perbuatan buruknya untuk dilanjutkan . Lama kelamaan keluarga jadi rusak, rusak moralnya , rusak etikanya , jauh dari agama , rusak juga akhlaknya . 

Coba anda perhatikan anak para pejabat seperti apa akhlak mereka . Silahkan tanya sendiri dan jawab sendiri , tidak usah tunjuk hidung langsung pada yang bersangkutan bahwa itu salah . jelas dia akan tersinggung . 

Tapi bersyukurlah anda bila akhlak anda , moral anda tidak seperti mereka .

Semoga bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...