Rabu, 11 April 2018

63 . SYUKURI APA YANG ADA

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Sabda Rasulullah saw. :

اُنْظُرُواإِلَىمَنْأَسْفَلَمِنْكُمْوَلَاتَنْظُرُواإِلَىمَنْهُوَفَوْقَكُمْفَهُوَأَجْدَرُأَنْلَاتَزْدَرُوانِعْمَةَاللَّهِ

"Lihatlah orang yang berada dibawah kalian (dalam urusan dunia) dan janganlah melihat orang yang ada di atas kalian, itu lebih baik bagi kalian dan akan membuat kalian tidak mengkufuri nikmat Allah." 


HR. Muslim  .

Wahai saudaraku Rasulullah telah memberikan saran kepada kita semua agar kita tidak terjebak dengan duniawi .

Allah swt di dalam memberikan rezeki besar dan kecilnya itu sudah disesuaikan menurut ukuran dan kebutuhan masing – masing .

Karena Allah mengetahui setiap kebutuhan [ yang terbaik ] bagi manusia , agar jangan sampai setelah dia mendapatkan pemberian Allah akan berprilaku buruk .

Untuk itu agar kita selalu bersyukur atas pemberian Allah tersebut , maka kita harus melihat kepada mereka yang kehidupannya itu lebih rendah dai kita .

Mereka yang Nampak lebih susah dari kita masih bisa tertawa bebas , senang , tidak berasa ada beban yang menindihnya . lalu kenapa kita yang kehidupannya jauh lebih baik masih juga mengeluh . 

Sebaiknya beliau melarang kita untuk melihat kepada mereka yang kehidupannya jauh lebih baik ,karena kita akan menjadi susah dibuatnya .

Kita melihat dia senang , tapi apakah kita mengetahui ujian apakah yang telah dia terima dari Allah sebelum dia menerima kenikmatan tersebut ? Bila penasaran Tanya deh kepadanya, supaya anda lebih yakin.

Tidak ada orang yang dengan cepatnya bisa menjadi kaya bila sebelumnya dia tidak bekerja keras terlebih dahulu . Kerja kerasnya itu kita tidak tahu seperti apa. 

Dan berdo’a memohon kepada Allahnya juga kita tidak tahu seperti apa.

Untuk itu lebih baik syukuri saja apa yang ada di hadapan kita , jangan sampai yang di depan mata disia-sia, tapi masih mencari sesuatu yang masih dalam genggaman Allah.

Semoga ini bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...