Minggu, 29 April 2018

93 . SHALAT AMALAN YANG UTAMA DAN PALING UTAMA.


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Wahai saudaraku sebagaimana telah kita ketahui bersama bahwa siapapun orang yang sudah mengaku beragama Islam , maka harus melaksanakan shalat wajib yang harus dikerjakan lima kali dalam sehari semalam .

Shalat itu bukan gerak lahirnya saja, akan tetapi juga bathinnya . Shalat gerak lahir adalah yang biasa dilakukan oleh kita setiap hari .

Akan tetapi shalat batinnya adalah hslatnya kita saat menghadap Allah swt. Ini masih banyak manusia melaksanakan shalat itu hanya lahirnya saja, namun batinnya masih kosong .

Sehingga hikmah daripada shalat itu masih hampa , masih kurang manfaatnya .
Masih banyak orang melaksanakan shalat namun manipulasi , korupsi, ghibah, gunjing, dusta , keburukan masih dikerjakan . Maka shalatnya sia – sia .

Masih banyak orang mengerjakan shalat hanya agar diakui sebagai orang Islam, namun sifat sombong dan riya’ nya masih menonjol . Maka shalatnya adalah sia – sia .

Masih banyak orang yang mengerjakan shalat tapi sifat mengeluh, marah , jengkel masih juga dilakukan , maka shalatnya menjadi sia – sia . Dan masih banyak lagi lainnya .

Wahai saudaraku dari kelima shalat yang harus dikerjakan itu ada yang lebih istimewa lagi waktunya yaitu shalat Ashar dan shalat Subuh .

Mengapa dikatakan istimewa ? Karena para malaikat penjaga malam tugasnya akan digantikan oleh para malaikat penjaga siang [ itu bila terjadi waktu Subuh ] .

Sedangkan para malaikat penjaga siang akan digantikan lagi oleh para malaikat penjaga malam , itu terjadi di waktu Ashar.

Jadi dua waktu itu adalah terjadinya pertemuan antara dua malaikat penjaga yakni penjaga siang dan penjaga malam .

Mari kita simak sabda Rasulullah saw berikut ini

 مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّة

“Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga.”

(HR. Bukhari no. 574 dan Muslim no. 635)

Surga itu urusan Allah dan itu hanya terjadi di akhirat . Lalu surga dunianya mana ? Kesehatan, keselamatan, perlindungan, kecukupan itulah surga dunia .

Termasuk ketenangan , ketentraman, kedaiaman ,kesejahteraan ityulah surga dunia .
Kita tidak usah terlalu muluk – muluk , lakukan saja ibadah kita dengan ikhlas karena Allah dan hanya untuk Allah .

Kita sudah mampu melaksanakan ibadah saja sudah alhamdulillah. Tinggal kita tingkatkan kualitas ibadah kita sedikit demi sedikit .

Kita jangan menengok atau mengikuti mereka yang tidak melaksanakan shalat . Itu urusan mereka.

Karena baik buruknya nasib kita kelak itu ditentukan oleh amal perbuatan kita sendiri. Itulah yang akan menolong dan membantu kita kelak.

Dari Jabir bin ‘Abdillah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

بَيْنَ الرَّجُلِ وَبَيْنَ الشِّرْكِ وَالْكُفْرِ تَرْكُ الصَّلاَةِ “

(Pembatas) antara seorang muslim dan kesyirikan serta kekafiran adalah meninggalkan shalat.”

(HR. Muslim no. 257)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...