Sabtu, 21 April 2018

80 . HIKMAH DIBALIK RASA SAKIT .


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Rasulullah saw bersabda ,  

“Tidaklah seorang muslim yang tertimpa gangguan berupa penyakit atau semacamnya, kecuali Allah akan menggugurkan bersama dengannya dosa-dosanya, sebagaimana pohon yang menggugurkan dedaunannya.” 

HR. Bukhari dan Muslim .

Tidaklah mungkin manusia akan sehat selamanya . Bila ada yang seperti itu , maka dia bukan manusia tapi robot.

Tidaklah pula manusia akan sakit selamanya, selama dia mau berusaha untuk berobat, maka pada saatnya Allah akan memberikan kesembukan.

Sakit sehat, senang susah, gembira dan sedih , untung rugi , selamat dan celaka dst akan datang silih berganti.

Intinya segala sesuatu yang ada di dunia ini tak ada yang kekal. Semuanya akan rusak , hancur dan binasa.

Bila saat ini ada diberikan sehat wal’afiat maka bersyukurlah kepada Allah , karena jutaan manusia yang saat ini meringkuk di Rumah Sakit untuk diadakan perawatan agar bisa sembuh.

Sebaliknya bila anda saat ini sedang sakit , bahkan ada yang dirawat di Rumah Sakit, maka bersabarlah . Tetaplah bertawakal kepada Allah.

Dibalik rasa sakit itu bila anda menerimanya dengan ikhlas sambil berikhtiar , maka selama anda sakit Allah akan menggugurkan dosa- dosa anda .

Gugurnya dosa - dosa tersebut seperti rontoknya daun – daun kering yang terlapas dari rantingnya .

Hikmah lainnya dibalik menderita sakit anda akan tahu siapa saja teman – teman anda yang dekat dan masih memiliki rasa peduli terhadap anda.

Selain itu anda akan bisa merasakan betapa nikmatnya bila diberikan sehat, setelah anda bisa merasakan bahwa rasa sakit itu seperti itu .

Jadikan sakitnya anda itu untuk banyak merenung diri , kaji diri , mawas diri yang mungkin dalam perjalanan kehidupan anda saat sehat, telah banyak berbuat dosa.

Janganlah anda mencari kesalahan kepada orang lain. Daripada mencari kesalahan orang lain alangkah lebih baiknya bila anda mencari kesalahan sendiri.

Semoga ini bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...