Senin, 02 April 2018

49 . PENYEBAB HILANGNYA AMAL BAIK


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Rasulullah saw bersabda , 

“ Enam perkara yang dapat menghilangkan pahala amal adalah sibuk mengurusi aib orang lain, kerasnya hati, cinta kepada dunia, sedikit malu, angan-angan kosong dan kezaliman yang tiada berkesudahan “ . 

HR Ad-Dailami .

Wahai saudaraku keberadaan kita di dunia ini hanya untuk menebarkan kebaikan dengan siapapun.

Kebaikan yang kita tebarkan akan Allah gantikan semuanya kelak di akhirat dalam bentuk pahala .

Alangkah ruginya kita bila sudah capek – capek mengumpulkannya , kemudian mendadak hilang lenyap dalam sekejap hanya karena perbuatan kita sendiri yang dilakukan tanpa disadari oleh kita sendiri .

Apakah perbuatan yang bisa menghilangkan pahala tersebut ?

1.Sibuk mengurusi aib orang lain 

Coba renungkan oleh anda sejenak . Apakah anda lebih banyak memperhatikan keburukan orang lain ataukah keburukan diri sendiri . Bila lebih banyak memperhatikan keburukan orang lain , sekarang pertanyaannya adalah sudah mendapatkan apa anda dari perbuatan tersebut ?  Ternyata tidak ada hasilnya . Sudah hasilnya tidak ada, energy habis dibuang sia – sia dan yang lebih rugi lagi semua kebaikan anda lenyap , karena kebaikan itu diberikan oleh Allah kepafa orang yang dibully oleh anda.

2.  Kerasnya hati . 

Mengerasnya hati itu adalah akibat sering banyak tertawa . Itulah mengara Rasulullah saw melarang kita banyak tertawa. Karena akan menimbulkan kerasnya hati. Obatnya adalah hanya dengan banyak renung diri , koreksi diri , kaji diri , mawas diri . Mudah – mudahan kita bisa menjadi manusia yang tahu diri . Ingat bila hati anda masih saja keras maka Allah akan menghilangkan pahalanya .

3. Cinta dunia . 

Allah menurunkan kita ke dunia ini bukan utnuk mengejar jabatan setinggi mungkin, berusaha menjadi orang yang terkaya dll. Tapi tugas kita hanya untuk menyembahNya. Menyembah itu adalah bertakwa kepadaNya . Dengan bertakwa , kita kerjakan perintahNya dan kita jauhi laranganNya dengan berpedoman atau mengikuti petunjunjukNya  melalui kitabNya yakni Al Qur’an.

Jadi kalau kita mencintai dunia itu adalah salah besar . Justru yang harus kita cintai dan rindukan adalah akhirat. Dengan mencintai akhirat maka kita akan sibuk mencari apa saja yang ada di dunia ini untuk bisa dimanfaatkan di akhirat untuk kebutuhan kita sendiri . Ingat barangsiapa yang masih mencintai duniawinya , maka Allah akan hilangkan pahalanya .

4. Sedikit malu . 

Bila dalam hati anda memiliki malu hanya sedikit, atau bahkan tidak punya malu , maka Allah akan hilangkan pahala amal kebaikan anda. Untuk itu tingkatkan rasa malu kita kepada Allah swt , malu terhadap diri sendiri . malu terhadap orang lain. Malu yang seperti apakan ? Malu kepada Allah adalah merasa masih belum bisa berbuat banyak sesuai dengan kehendak Allah . Malu terhadap diri adalah masih banyak berbuat keburukan daripada kebaikan . Malu terhadap orang lain adalah belum bisa menolong orang lain dalam hal kebaikan  .

5. Angan – angan yang kosong . 

Siapapun orangnya yang masih memiliki panjang angan – angan atau berkhayal , maka Allah hilangkan pahalanya . Obatnya adalah dengan bekerja keras dan mewujudkan apa yang ada dalam fikiran anda. Hindari kata – kata , Andakan saja….. , Kemungkinan …… Katanya ……dan sejenisnya .

6. Kezaliman yang tiada berkesudahan . 

Artinya tidak berhenti untuk menzalimi siapa saja, maka Allah akan hilangkan pahala amal kebaikannya . Karena di dalam bergaul dengan orang lain itu sudah menjadi kewajiban kita atas perintah Allah . Apalah artinya bergaul dengan orang lain kalau hanya menebarkan kezaliman . Seharusnya menebarkan rasa kasih sayang , sebagaimana diri ingin diperlakukan .

Semoga ini bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...