Jumat, 13 April 2018

70 . SIKSAAN ALLAH YANG PALING RINGAN


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh  .
Bismillaahirrahmaanirrahiim  .

Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda yang artinya :

Sesungguhnya penduduk neraka yang paling ringan siksanya adalah orang yang mengenakan dua sandal dari neraka lalu mendidih otaknya karena sangat mencekam panas dua sandalnya..

HR - Muslim  .


Melalui Hadist ini Rasulullah saw memberitahukan kepada kita semua bahwa kita harus percaya dengan adanya Hari Kemudian yaitu Hari Kiamat atau Alam Akhirat .

Alam akhirat Allah telah menyediakan dua tempat yang belum pernah dilihat oleh mata, belum pernah didengar oleh telinga, belum pernah terlintas di akal fikiran manusia dan belum pernah dirasakan oleh hati manusia yakni SURGA  dan  NERAKA.

SURGA adalah suatu tempat yang penuh dengan kenikmatan , sedangkan akhirat adalah suatu tempat yang penuh dengan siksa dan azab Allah swt .

Mengapa Allah dan RasulNya selalu menggambarkan tentang surga dan neraka melalui kitabNya [ Al Qur’an dan sunnah beliau [ Hadist ] .

Agar manusia bila mendengar tentang surga , maka agar manusia dapat meningkatkan kualitas ibadahnya masing – masing .  

Dan bila mendengar kata neraka, manusia berusaha untuk menjauhi segala perbuatan yang akan mendekatkan dirinya kepada tempat tersebut .

Sekarang mengapa para mubaligh jarang sekali menceritakan masalah kematian , neraka ?  

Karena bila menceritakan hal tersebut pasti akan merasa ngeri, akhirnya jama’ah tidak mau lagi mendengarkan ceramahnya , nggak laku jadinya deh .

Mengapa yang digambarkan itu hanya surga , surga , surga dan surge dengan segala kenikmatannya  ?

Agar manusia menyukainya dan menjadi taat beribadah .  Tapi sayang penjelasan ini belum tuntas. Mengapa ?

Manusia beribadah di dunia ini hanya melaksanakan amanat Allah yang telah beriman kepadaNya, baik agama, kerjaan , keluarga , harta , jabatan , gelar keilmuannya untuk meraih RIDO ALLAH  jadi BUKAN untuk mendapatkan SURGA  dan  MENOLAK  neraka.

Bila kita beribadah hanya ingin mendapatkan surga maka itu artinya telah menuhankan surga bukan Allah. Disinilah kualitas ibadah seseorang yang akan dinilai oleh Allah itu seperti apa.

Kemudian dari hadist di atas. Barangsiapa yang dimasukkan ke neraka , yang penuh siksa dan azab itu , Rasulullah saw memberitahukan bahwa barangsiapa yang mendapatkan siksa yang paling ringan , maka kakinya akan memakai sandal buatan neraka.  

Begitu sandal dipakai maka otaknya langsung mendidih . Jadi bisa dibayangkan panasnya sandal neraka itu seperti apa . Na’udzubillaahimin dzaalik .

Semoga ini bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...