Rabu, 09 Mei 2018

112 . TIGA AMALAN UTAMA .


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Rasulullah saw bersabda  ,

Shalat adalah sebaik-baik amalan yang ditetapkan Allah untuk hamba-Nya.” Abdullah ibnu Mas'ud Ra berkata, "Aku bertanya kepada Rasulullah, "Ya Rasulullah, amal perbuatan apa yang paling afdol?" Beliau menjawab, "Shalat tepat pada waktunya." Aku bertanya lagi, "Lalu apa lagi?" Beliau menjawab, "Berbakti kepada kedua orang tua." Aku bertanya lagi, "Kemudian apa lagi, ya Rasulullah?" Beliau menjawab, "Berjihad di jalan Allah." 

(HR. Bukhari)

Melalui Hadist ini Rasulullah saw memberitahukan kepada kita semua bahwa .

1.Shalat itu merupakan perintah Allah kepada manusia . Dan hukumnya wajib artinya bila dijalankan maka akan mendapatkan pahala dan bila ditinggalkan maka akan berdosa  ;

2.  Amalan yang paling utama adalah shalat tepat waktu . Agar hal itu dapat dilaksanakan dengan baik maka kita harus memperhatikan waktu – waktu shalat . 

Dan sebelum datang waktu tersebut, maka sebaiknya 15 menit atau 10 menit sebelum waktu shalat tiba sidah mengambil air wudhu 

Jangan sampai pas terdengar suara adzan , barulah bergerak ke tempat wudhu . Jelas ini shalatnya akan telat .

3. Amalan utama yang lainnya adalah berbakti kepada kedua orang tua . Yaitu dengan cara kita tundak dan patuh serta menghormati orang tua atas perintah Allah . 

Bahagiakanlah dan do’akanlah mereka selagi mereka masih hidup semampu kita . Karena membahagiakan itu tidak harus dengan materi saja. Bisa dengan tenaga atau pikiran . 

Dan jangan sampai mendo’akan keduanya setelah mereka meninggal dunia. Yang lebih celaka dan menjadi anak durhaka adalah saat mereka masih hidup , kurang atau tidak ada rasa peduli terhadap keduanya . 

Dan setelah meninggal dunia , mereka lalai untuk mendo’akan keduanya . Akan tetapi harta warisannya minta bagian  ;

4. Amalan utama yang terakhir adalah berjihad di jalan Allah . Artinya mencari nafkah dengan jalan yang benar . 

Dan menafkahkannya sesuai dengan apa yang disukai oleh Allah . Juga menegakkan kebenaran dan memberantas kebathilan , minimalnya terhadap diri sendiri dulu . Kemudian barulah ditularkan kepada orang lain .

Semoga ini bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...