Kamis, 10 Mei 2018

114. CIRI MUSLIM YANG BENAR ADALAH SHALATNYA


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim .

Dari Abu Hurairah r.a. berkata, 
“Saya mendengar Rasulullah saw. ber-sabda, 

‘Bagaimana pendapat kalian, jika di depan rumah salah seorang dari kalian terdapat sebuah sungai yang mengalir dan dia mandi di dalam¬nya lima kali sehari, apakah akan tersisa kotoran di tubuhnya?’ 
Mereka menjawab, ‘Tidak akan tersisa kotoran di tubuhnya sedikitpun.’ Rasulullah saw. bersabda, ‘Begitulah perumpamaan shalat lima waktu, dengannya Allah akan mengampuni dosa-dosa.” 

(Hr. Bukhari, Muslim, Tirmidzi dan Nasai) 

Barangsiapa meninggalkan shalat dengan sengaja maka dia kafir terang-terangan.

(HR. Ahmad)

Melalui Hadist ini Rasulullah saw menjelaskan bahwa ciri dari seorang muslim [ orang Islam ] yang benar adalah bagaimanakah shalat wajibnya .

Bila shalatnya dikerjakan maka dia sudah diaggap sebagai muslim, walaupun shalatnya masih belum sempurna . Namun bila terus-terusan dikerjakan semakin lama akan menjadi semakin baik .

Dan semua itu tidak lain atas bimbingan dan tuntunan serta arahan dari Allah melalui hatinya , dimana diri tidak menyadari akan hal tersebut .

Selain dari itu sebagaimana yang telah dijelaskan di Hadist yang sebelumnya yaitu shalat itu adalah sebagai penggugur dosa – dosa yang ada dalam diri .

Bila shalat itu dilakukan dengan istiqamah maka dosa-dosa  lama kelamaan akan bergurguran. Sehingga hati semakin lama akan semakin bersih dan jernih. 

Bila hati sudah jernih , maka akan terisi dengan cahaya keimanan dari Allah . Dan hal ini akan terpancar melalui wajahnya .

Bika cahaya keimanan sudah tertanam dalam diri, maka Allah akan menunjukkan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang hak dan mana yang bathil , mana yang membahagiakan dan mana yang mencelakakan dst .

Dan diri bila diajak untuk berbuat keburukan tidak ada selera untuk berbuat , tapi saat ada yang mengajak kepada kebaikan maka hatinya timbul semangat . Inilah yang dikatakan hidayah dari Allah swt.

Semoga ini bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...