Kamis, 10 Mei 2018

115. KEUTAMAAN SHALAT


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim .

Dari Hudzaifah r.a. dia berkata, 

“Apabila Rasulullah saw. mengalami kesulitan, maka beliau segera melaksakan shalat.”

(Hr. Ahmad dan Abu Dawud)

Rasulullah saw bersabda ,  

Shalat pada awal waktu adalah keridhoan Allah dan shalat pada akhir waktu adalah pengampunan Allah “ . 

(HR. Tirmidzi)

Rasulullah saw bersabda ,  

“Dan mintalah pertolongan dengan sabar dan shalat dan sesungguhnya hal yang demikian itu amat berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu.” Barangsiapa lupa shalat atau ketiduran maka tebusannya ialah melakukannya pada saat dia ingat.

(HR. Ahmad) “

Melalui Hadist ini Rasulullah saw memberitahukan kepada kita bahwa

1.Bila beliau menghadapi masalah yang rumit , maka langsung melaksanakan shalat . Kemudian mengadukan masalahnya kepada Allah  . Karena pada dasarnya yang memberikan masalah adalah Allah . Dan yang mencabut masalah juga Allah . Dan setelah bermohon kepada Allah barulah Allah memberikan solusinya , apakah melalui orang lain , atau langsung kepada dirinya sendiri .

2.  Bila setiap shalat dilakukan di awal waktu , mudah – mudahan senantiasa dekat dengan rido Allah . Dan bila terpaksa dilakukan di akhir waktu , bukan karena kesengajaan , akan tetapi karena lupa maka akan mendapatkan ampunan Allah . Jadi jelasnya shalat di awal waktu akan jauh lebih baik dibandingkan dilakukan di akhir waktu .  Oleh karena itu bila sudah mendekati waktu shalat segeralah hentikan kegiatan duniawi kita barang sesaat [ sekitar  30 menit ] untuk menunaikan shalat wajib . Dan bila telah selesai shalat barulah kegiatan rutin itu dilanjut kembali . Hindari menunda – nunda shalat karena urusan duniawi .

3.  Bila kita butuh sesuatu apapun kebutuhannya , maka mintalah kepada Allah . Jangan bosan untuk meminta kepada Allah. Tapi ingat jangan hanya meminta tanpa dibarengi dengan usaha . Setelah usaha dikerjakan , shalat telah dikerjakan, do’a telah dipanjatkan . Barulah tinggal menunggu ketetapanNya , kapan akan dikabulkan . Maka harus ditunggu dengan kesabaran. Mengapa harus bersabar . jangan sampai terjadi Allah yang diatur oleh kita . Naun sebaliknya kitalah yang senantiasa mengikuti aturan Allah swt .

Semoga ini bermanfaat .

Bismillaahirrahmaanirrahiim .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...