Selasa, 29 Mei 2018

155 . KENDALIKAN AMARAH .

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda,

“Barangsiapa yang menahan amarahnya padahal dia mampu untuk melampiaskannya, niscaya Allah akan memanggilnya pada hari kiamat di hadapan para makhluk sampai Allah memilihkan untuknya bidadari-bidadari yang dia suka.”

(Dihasankan oleh Imam at-Tirmidzi)

Wahai saudaraku melalui Hadist ini Rasulullah saw memberitahukan kepada kita semua yaitu bagaimana kita bisa memanfaatkan seuatu keburukan agar menjadi baik .

Disini kita dituntut menjadi manusia yang cerdas dan cerdik cendekia  , bukan manusia yang pandai . Kalau manusia pandai , maka system kerjanya kaya robot  .

Tapi manusia cerdas, cerdik, cendekia, dia bisa memanfaatkan kemampuannya dengan mengeluarkan sedikit ilmunya namun manfaatnya sangat bermanfaat bagi banyak orang .

Orang cerdas pasti pandai namun orang pandai belum tentu memiliki kecerdasan .

Pada saat perang Badar mush orang Muslim amat banyak, bahkan lebih banyak dari orang Muslimnya sendiri . 

Namun karena mereka sangat cerdas, dan dengan kecerdasannya itu pasukan orang kafir dan musyrik bisa dikalahkan . 

Dan peperangan dimenangkan oleh orang muslim . Namun apa kata Rasulullah saw setelah  peperangan Badar selesai ? Beliau berkata bahwa ini kita baru melakukan perang yang kecil .

Para sahabat bertanya apakah kita akan menghadapi perang yang lebih besar lagi , Ya Rasul ?  Belliau menjawab IYA . Lalu perang yang bagaimana lagi, melawan siapa Ya Rasul ?

Perang melawan hawa nafsu sendiri . Inilah yang dikenal dengan Jihad Akbar . 

Peperangannya terjadi setiap menit untuk melawan kezaliman diri yang apa pada diri sendiri .

Barangsiapa yang mampu melawan dan mengendalikan dirinya sendiri , maka kedudukannya di sisi Allah lebih mulia daripada para Malaikat .

Itulah mengapa Rasulullah memberitahukan hadiah yang akan diberikan kepada siapapun yang mampu mengendalikan amarahnya , hawa nafsunya 

bahwa akan mendapatkan hadiah bidadari surga oleh Allah sesuai dengan selera hatinya .

Bila apa yang telah diuraikan di atas dikerjakan oleh kita mudah - mudahan kita menemukan jalan untuk menuju rido Allah swt .

Semoga ini bermanfaat 

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...