Kamis, 24 Mei 2018

142 . SEORANG MUKMIN PASTI BERAKHLAK BAIK

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Rasulullah Saw bersabda,”


 Seorang mukmin bukanlah pengumpat, pengutuk, berkata keji atau berkata busuk.”

(HR. Bukhari dan Al-Hakim)

Wahai saudaraku Allah menciptakan manusia itu hanya dua jenis , lelaki dan wanita .  

Manusia itu disamping sebagai makhluk individu , sekaligus juga sebagai makhluk social .

Sebagai makhluk individu bagaimana manusia menciptakan huvungan dengan Tuhannya dan sebagai makhluk social , bagaimana mereka bergaul dengan sesamanya .

Karena antara manusia yang satu dengan yang lainnya itu adalah saling keterkaitan dan ketergantungan , saling membutuhkan  .

Namun secara syariat agama manusia itu terbagi menjadi empat kelompok atau golongan .

Pertama golongan yang beriman , 
yaitu yang taat , tunduk dan patuh pada Allah dan rasulNya .

Kedua golongan kafir , 
Ini lawan dari yang beriman yakni mereka banyak ingkar kepada Allah swt .

Ketiga golongan munafik . 
Golongan ini orang yang tidak punya pendirian . Mereka berbuat bila akan menguntungkan baginya , dan mereka akan berdiam diri bila hal itu akan merugikan dirinya .Golongan ini bila bicara banyak dustanya . Bila diberi amanat sering berkhianat . Dan bila berjanji sering tidak ditepati . Golongan inilah yang paling berbahaya . Sebab penampilan mereka terkadang seperti orang yang beriman baik bicaranya, sikap dan prilakunya, namun hatinya busuk , sangat membenci orang yang beriman .

Keempat adalah golongan fasik. 
Mereka itu tahu tentang kebenaran akan tetapi tidak mau melaksanakannya .
Dan Rasulullah saw menjelaskan tentang karakter orang yang beriman [ mukmin ] yakni mereka pasti berakhlak baik.

Walaupun dia seorang muslim bila akhlaknya tidak baik maka bukan termasuk golongan mukmin . Tapi kalau golongan mukmin pasti muslim .

Golongan mukmin itu tidak pernah mengutuk orang lain , bicaranya halus , sopan , tidak pernah menyakiti hati orang lain , sikapnya ramah ,dan rendah hati terhadap siapapun . 

Walaupun mereka sifatnya halus tapi bila dalam hal keyakinan agama, maka mereka sangat tegas dan berani demi untuk menegakkan kebenaran agamanya.

Mereka tidak pernah mengumpat orang lain. Mereka selalu mengajak orang lain untuk berbuat kebaikan tapi tidak memaksa, itupun kalau mau. Bila tidak mau mereka tidak memaksakan kehendaknya .

Mereka tidak pernah berkata keji atau busuk terhadap siapapun , kata – katanya bisa menyejukkan hati yang sedang panas, bisa menentramkan hati orang lain .

Ucapannya itu banyak berupa nasehat dan hujjah yang benar nyata , karena apa yang diucapkannya itu selalu benar menurut agama, bukan benar menurut dirinya , jadi ada dasar hukumnya , tidak berkata serampangan atau asal keluar saja .

Semoga ini bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .














Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...