Sabtu, 26 Mei 2018

148 . LISAN YANG TIDAK TERPELIHARA .

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Rasulullah Saw bersabda,

”Lisan itu akan disiksa dengan azab yang tidak pernah ditimpakan kepada anggota tubuh lainnya. Setelah itu, lisan berkata,’Ya Rabb, mengapa Engkau menyiksaku dengan azab yang tidak pernah ditimpakan kepada anggota tubuh lainnya?’ Allah menjawab,’Sebab darimu telah keluar kalimat yang sanggup menembus timur bumi hingga baratnya yang menyebabkan pertumpahan darah, harta benda terampas, dan harga diri ternodai. Oleh karena itu, demi keagungan-Ku, sungguh Aku akan menyiksamu dengan azab yang tidak pernah Aku timpakan kepada anggota tubuh yang lain.”


(HR. Abu Nu’aim)

Melalui Hadist ini Rasulullah berpesan kepada kita semua agar menjaga seluruh anggota tubuh kita agar jangan salah penggunaan, tidak sesuai dengan tujuan Allah menciptakannya.

Salah satunya adalah lisan kita . Walaupun lidah tak bertulang , boleh bicara apa saja , semau kita . Disinilah letak kesalahan kita yang terbesar.

Sebelum berbicara hendaknya kita pikirkan dulu apa yang akan diucapkan apakah akan menyakiti hati orang lain ataukah tidak.

Ukurannya bukan orang lain akan tetapi diri sendiri . Bila kata-kata itu akan menyakiti hati kita sendiri , maka sebaiknya diurungkan untuk diucapkan .

Sebaliknya bila kata - kata itu baik dan bermanfaat bagi orang lain , maka sampaikan namun dengan sikap rendah hati . jangan sampai dibarengi dengan sifat sombong .

Ingat seluruh anggota tubuh itu komandonya adalah hati dan dikeluarkan melalui lisan kita , ucapan kita.

Ucapan kita itu bisa mengangkat derajat kita ke sisi Allah . Dan bisa juga menjatuhkan kita ke tempat yang hina dan nista .

Semoga kita semua bisa menjaga lisan kita agar kita bisa menjadi manusia yang beruntung di sisi Allah swt.

Semoga ini bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...