Selasa, 22 Mei 2018

137 . BERTUTUR KATA YANG BAIK .


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim .

Rasulullah Saw bersabda,

” Lindungilah diri kalian dari neraka meski hanya dengan menyedekahkan sebiji kurma, bila tidak punya maka cukup dengan tutur kata yang baik.”

(HR. Bukhari dan Muslim)

Kata – kata yang keluar dari seseorang itu menunjukkan siapa dirinya . Status – status yang di buat di Facebook, Twitter, Instagram, Messenger 

atau di Dunia maya , masih diragukan kebenarannya, karena belum ketemu langsung dengan orangnya.

Karena bisa saja dia mengambil kalimatnya itu dari orang lain [ copy paste atau copas ] .  
Sungguh banyak sekali orang yang terjebak dengan permainan dunia maya .

Allah tidak pernah menuduh hambaNya kafir, musyrik, munafik atau beriman . 

Tapi Allah akan tunjukkan dia melalui lisannya sikap dan prilakunya yang tanpa disadari oleh dirinya sendiri.

Untuk itu berhati – hatilah anda bila ingin selamat dari azab Allah , maka harus berakhlak baik , bertakwa kepada Allah swt .

Azab dan siksa neraka itu bisa dihalangi dengan memperbanyak sedekah . Dengan bersedekah artinya kita telah berbuat kebaikan .

Apapun yang disedekahkan oleh kita akan Allah simpan dengan rapih, , dan pada saat kita telah meninggal dunia , maka 

sedekah yang telah dilakukan selama hidup di dunia itu dikembalikan lagi kepada kita , tanpa dikuranghi sedikitpun . Bahkan oleh Allah balasannya dilipat gandakan .

Janganlah menjadi manusia kikir, seperti apa yang dilakukan oleh QORUN, yang akhirnya menjadi celaka .

Barangsiapa yang berbuat kikir , maka sama saja sedang mempersiapkan dirinya menjadi orang yang miskin di akhirat. Walaupun di dunia harta bendanya berlimpah .

Bersedekah itu tidak mesti dengan harta benda saja, dengan tenaga pun bisa, atau membantu dengan pendapat juga bisa . Yaitu dengan memberikan kata – kata yang baik terhadap orang lain .

Bila ada orang yang berkata bahwa bagaimana bisa sedekah sedangkan dirinya masih miskin , maka Allah akan menjadikan dirinya miskin terus.

Kenapa demikian ?  Karena apapun yang telah diterimanya itu adalah pemberian Allah . Itu sama saja tidak mengakui nikmat Allah atau kufur nikmat .

Marilah mulai saat ini kita membiasakan diri untuk bersedekah walau kanya dengan sebuah kata, atau segelas air , atau sebutir kurma . Niatkan karena Allah dan hanya untuk Allah .

Semoga ini bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...