Jumat, 25 Mei 2018

144 . KETAKWAAN , KEBAIKAN DAN AKHLAK YANG BAIK


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Abu Dzar Al-Ghifari ra yang menyebutkan sabda Rasulullah saw:


اتَّقِ اللهَ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعِ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ



“Bertakwalah kepada Allah di mana saja engkau berada. Susullah kejelekan dengan kebaikan, niscaya kebaikan itu akan menghapuskan kejelekan tersebut, dan bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang baik.” 


HR. Ahmad dan Tirmidzi

Melalui Hadist ini Rasulullah saw menjelaskan tentang sebagian akhlak yang harus dikerjakan oleh kita  .

Karena tugas meliau adalah memperbaiki akhlak manusia atas perintah Allah melalui Al Qur’an yang beliau bawa sebagai mukjizat beliau.

Jadi sesungguhnya akhlak beliau itu adalah Al Qur’an , akhlak yang maha sempurna, dan kesempurnaan ini atas izin dan rido Allah .

Bila beliau kurang sempurna maka sudah dipastikan akan mengkasilkan akhlak yang kurang baik.

Contoh semakin kesini akhlak manusia semakin rusak , karena bisa jadi ada sebagian kebenaran yang belum terungkap di zamannya dan baru saat inilah terjadinya, 

tapi sesungguhnya semua kejadian di dunia ini sudah tercantum semua lengkap di Al Qur’an.

Tinggal kita mau nggak menggali isi Al Qur’annya , jadi jangan hanya percaya kepada para Da’I dan mubaligh saja, tapi kitanya harus mau memperdalam sendiri .

Pesan beliau melalui Hadist di atas adalah kita harus bertakwa kepada Allah dimanapun kita berada dan kemanapun kita pergi.

Takwanya itu harus baik dan benar menurut aturan agama , yakni dengan menjalani perintah Allah dan menjauhi larnganNya . Jadi baik dan benarnya itu bukan kata manusia .

Untuk itu bila ada yang berbicara baik terima saja dulu, jangan langsung ditelan , tapi akurkan dgn sumbernya Al Qur’an dan Hadist agar tidak tertipu.

Karena baiknya manusia itu terkadang semu , maksudnya ada tujuan tertentu dibalik apa yang diucapkan , namun kita tidak boleh berprasangka buruk . 

Kewaspadaan tetap harus dijaga dan dipelihara.

Semoga ini bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

461 . BAGI YANG ISLAM. TAK DIBACA SAYANG.

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaath. Bismillaahirrahmaanirrahiim. Selepas Malaikat Israfil meniup sangkakala (bentuknya ...